Tuesday, February 27, 2024
Depan > Pendidikan > Disdikdaya Sosialisasikan Anugerah Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2024

Disdikdaya Sosialisasikan Anugerah Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2024

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi Anugerah Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2024, Jum’at (26/1/2024) di ruang KI Hajar Dewantara Disdikdaya Kabupaten Probolinggo.

Anugerah Pendidikan dan Kebudayaan ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi dari pemerintah bagi insan pendidikan yang memiliki keteladanan dalam penerapan pendidikan karakter pada masing-masing lingkungan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan serta peningkatan prestasi dan keteladanan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi didampingi Kabid Pembinaan Ketenagaan, Yunita Nur Laili, Kabid Pembinaan SD Sri Agus, Indariyati, Kabid Pembinaan SMP Amik Mutammimah dan Fungsional Penyuluh Lingkungan Hidup Muda Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Darwanti Impiani.

Sosialisasi Anugerah Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2024 ini diikuti oleh 92 undangan meliputi Korwil Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan, Pengawas SMP, MKKS SMP, Korwas SMP, Koordinator K3S SD, Korwas SD, Penilik dan Pengawas TK.

Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan pendidikan memiliki sasaran prioritas untuk membangun karakter anak didik. Sebab saat ini banyak hal yang dapat merubah karakter. Mulai dari budaya luar yang masuk tanpa adanya filter dan media yang kurang terkontrol. Hal ini dapat mempengaruhi karakter anak-anak.

“Lomba ini merupakan salah satu kegiatan merayakan Hari Pendidikan Nasional. Harapannya mampu menggugah semangat agar karakter anak didik tidak melenceng,” katanya.

Menurut Joko, ada tiga yang akan dilombakan dalam Anugerah Pendidikan dan Kebudayaan 2024. Yakni, pemimpin pembelajaran dedikasi etika, akhlak mulia dan karakter (Pendekar Dikdaya), inovasi, kreasi pembelajaran bermakna dan berkarakter (Ikrar Dikdaya) serta penganugerahan sekolah nyaman dan asri (Pesona Dikdaya).

“Dengan adanya Anugerah Pendidikan dan Kebudayaan ini kami berharap anak didik dapat mempertahankan budaya, adat istiadat, etika, moral dan adab yang baik. Kedepan anak didik dari Kabupaten Probolinggo ada ciri khas sehingga memiliki nilai tambah,” pungkasnya. (wan)