Depan > Kesehatan > Dinkes Lakukan Peningkatan Kapasitas Bagi Petugas Surveilans

Dinkes Lakukan Peningkatan Kapasitas Bagi Petugas Surveilans

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo melakukan peningkatan kapasitas bagi petugas surveilans di Ballroom Bale Hinggil Kota Probolinggo, Selasa (14/6/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 33 pengelola program surveilans puskesmas se-Kabupaten Probolinggo, 6 (enam) pengelola program surveilans rumah sakit serta 1 (satu) ATLM Labkesda Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi Sistem Kewaspadaan Dini Respon (SKDR), sosialisasi hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya serta sosialisasi monkepox dari narasumber Hugeng Susanto dan Saikhuroji dari Dinkes Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Mujoko mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petugas surveilans terhadap pelaporan SKDR tepat waktu dan verifikasi alert.

“Selain itu, terselenggaranya kewaspadaan dini terhadap kemungkinan terjadinya KLB/wabah Hepatitis Tanpa Sebab dan Monkey Pox serta terselenggaranya investigasi dan penanggulangan KLB/wabah,” katanya.

Menurut Mujoko, surveilans kesehatan merupakan kegiatan pengamatan yang sistematis dan terus menerus terhadap data dan informasi tentang kejadian penyakit atau masalah kesehatan serta kondisi yang mempengaruhi terjadinya peningkatan dan penularan penyakit atau masalah kesehatan untuk memperoleh dan memberikan informasi guna mengarahkan tindakan pengendalian dan penanggulangan secara efektif dan efisien.

“Surveilans bukan hanya berupa pengumpulan data melainkan proses sistemik yang terus berjalan mulai dari pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data. Kemudian disampaikan untuk bahan pengambilan keputusan,” pungkasnya. (wan)