Tuesday, September 21, 2021
Depan > Kesehatan > Delirium Gejala Baru Ditemukan Pada Penderita Covid-19 Lansia

Delirium Gejala Baru Ditemukan Pada Penderita Covid-19 Lansia

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan beberapa hari ini kita sering mendapatkan informasi bahwa delirium adalah gejala baru yang ditemukan pada penderita Covid-19 terutama pada lansia.

“Delirium adalah gangguan akut pada status mental seseorang akibat proses biologis yang mengganggu fungsi syaraf otaknya,” katanya.

Menurut Dewi, sekitar 30-80% penderita Covid-19, terutama dengan gejala berat menunjukkan manifestasi saraf, termasuk delirium dan penurunan kesadaran. “Delirium sering terjadi terhadap pada orang-orang dengan kondisi lansia, demensia, penyakit berat, dehidrasi, immobilisasi dan gangguan nutrisi,” jelasnya.

Oleh karena itu Dewi meminta agar masyarakat jangan terlalu takut, tapi tetap waspada, masyarakat wajib jalankan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir), hindari 3K (Kontak erat, Kerumunan dan Kamar/ruang tertutup) dan pemerintah meningkatkan 3T (Testing, Tracing dan Treatment).

“Serta mendapatkan informasi yang benar berdasarkan hasil-hasil ilmiah sehingga tidak terjadi disinformasi di masyarakat. Salam sehat,” pungkasnya. (wan)