Thursday, July 29, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Delapan KUBE Fakir Miskin Terima Bantuan Sosial

Delapan KUBE Fakir Miskin Terima Bantuan Sosial

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Sebanyak 8 (delapan) KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Fakir Miskin di Kabupaten Probolinggo menerima bantuan sosial (bansos) dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo, Kamis (16/7/2020).

Penyerahan bansos ini didanai dari alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2020 dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan ketrampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat bagi KUBE fakir miskin.

“KUBE tersebut tersebar di Kecamatan Paiton sebanyak 3 kelompok, Kecamatan Besuk sebanyak 1 kelompok, Kecamatan Maron sebanyak 3 kelompok dan Kecamatan Gending sebanyak 1 kelompok. Dimana sasaran fakir miskinnya adalah yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) lokus desa stunting,” kata Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo Achmad Arif melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Rigustina.

Menurut Tina, bantuan sosial yang diberikan sesuai dengan usaha yang dijalaninya. “Ada yang berupa alat perbengkelan, alat untuk mencari ikan bagi nelayan dan peralatan memasak untuk yang mempunyai usaha makanan,” jelasnya.

Tina menerangkan pemberian bantuan sosial ini bertujuan sebagai stimulan bagi KUBE agar dapat meningkatkan usahanya. “Harapannya agar KPM penerima bantuan sosial dapat hidup mandiri dan lepas dari garis kemiskinan,” harapnya. (wan)

cww trust seal