Sunday, January 23, 2022
Depan > Kemasyarakatan > Dekranasda Kabupaten Solok Belajar Kemasan Produk UKM

Dekranasda Kabupaten Solok Belajar Kemasan Produk UKM

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranada) Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menerima rombongan Dekranada Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat di Peringgitan Rumah Dinas Bupati Probolinggo, Rabu (22/9/2021) siang.

Rombongan sebanyak 6 (enam) orang ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda. Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Moh. Natsir, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo Taufik Alami serta sejumlah pengurus Dekranasda Kabupaten Probolinggo.

Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda mengungkapkan kelemahan produk UKM yang ada di Kabupaten Solok terletak pada kemasannya. Sebab pelaku UKM masih sangat konvensional sekali. Produk UKM yang ada dibungkus begitu saja sehingga tidak menarik untuk selera pasar.

“Dekranasda Kabupaten Solok datang kesini untuk belajar dan melihat dari dekat kemasan produk UKM yang dihasilkan oleh mayarakat. Pasalnya kemasan produk UKM di Kabupaten Probolinggo sudah sangat bagus. Terlebih disini sudah ada Rumah Kemasan. Harapannya nanti bisa kita praktekkan di Kabupaten Solok sehingga akan muncul packaging-packaging yang menarik,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyambut baik kedatangan rombongan Dekranasda Kabupaten Solok di Kabupaten Probolinggo. Tentunya dengan kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan silaturahim antara Kabupaten Probolinggo dengan Kabupaten Solok.

“Tujuan utamanya tentu untuk menjalin silaturahim antara Dekranasda Kabupaten Solok dengan Dekranasda Kabupaten Probolinggo. Selain itu juga untuk melakukan sharing program kerja yang akan dilakukan. Semoga ke depan produk khas daerah Kabupaten Probolinggo semakin dikenal oleh daerah lain,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Dekrakasda Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda didampingi Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Moh. Natsir mengunjungi produk olahan bawang merah merk Hunay dari UD Dua Putri Solehah di Desa Tegalrejo Kecamatan Dringu.

Rombongan Dekranasda Kabupaten Solok ini melihat-lihat dari dekat produk olahan bawang merah Hunay, termasuk kemasannya. Dimana dalam waktu dekat Hunay akan bersiap untuk melakukan ekspor sendiri ke luar negeri ketika Sertifikat HACCP (Hazard Anaysis Critical Control Point) sudah terbit. (wan)