Tuesday, October 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Deklarasikan Pembentukan Alexandria Waqaf Community

Deklarasikan Pembentukan Alexandria Waqaf Community

Reporter : Hendra Trisianto
PAITON – Anti mainstream, Kabupaten Probolinggo saat ini memiliki komunitas yang boleh dibilang tak biasa. Alexandria Waqaf Community adalah komunitas yang mendedikasikan dirinya sebagai pejuang waqaf untuk kemaslahatan warga Kabupaten Probolinggo.

Komunitas sosial pejuang wakaf ini menawarkan tiga bentuk layanan waqaf diantaranya waqaf diri, waqaf uang tunai dan waqaf barang, yang kemudian akan disalurkan kepada pihak yang membutuhkan seperti rumah ibadah, pondok pesantren dan lembaga sosial pendidikan lainnya.

Deklarasi pembentukan Alexandria Waqaf Community ini dilaksanakan hari Selasa, (23/2/2021) malam di Pondok Pesantren Nurul Qodim 3, Desa Kalikajar Kulon Kecamatan Paiton dan disaksikan oleh pengasuh Ponpes Nurul Qodim 3 Gus Hafidzul Hakim Nur bersama H Zulmi Noor Hasani selaku Dewan Kehormatan Alexandria Waqaf Community.

Dalam momentum tersebut Alexandria Waqaf Community juga sekaligus mengadakan penggalangan waqaf untuk Masjid SAKA 9 Ponpes Nurul Qodim 3. Dana waqaf yang diterima saat itu mencapai Rp 36 juta dan salah satu pewakafnya adalah dari komunitas pelukis Arang yang sebelumnya mengadakan kegiatan lelang lukisan.

Dalam sambutannya Zulmi Noor Hasani selaku Dewan Kehormatan Alexandria Waqaf Community sangat mengapresiasi tim Alexandria yang telah berinisiatif mengajak warga masyarakat untuk mulai merencanaan keuangannya melalui layanan/program yang ditawarkan dengan dasar niat ibadah kepada Allah SWT.

Lebih lanjut Zulmi mengemukakan bahwa tim Alexandria juga sedang dalam proses pembentukan badan berkekuatan hukum. Dan untuk penyalurannya pihaknya selalu bersinergi dengan organisasi terkait sehingga penyaluran waqafnya bisa dilakukan secara optimal dan transparan.

“Kami terbentuk karena didorong oleh
tingginya analisa potensi waqaf yang belum optimal khususnya di Kabupaten Probolinggo. InsyaAllah niatnya baik dan mudah-mudahan ini salah satu sarana agar dapat menambah nilai ibadah kita” tandas Penasehat HIPMI Kabupaten Probolinggo ini.(dra)