Tuesday, October 26, 2021
Depan > Kesehatan > CVS Merupakan Kumpulan Gejala Karena Paparan Layar Berlebihan

CVS Merupakan Kumpulan Gejala Karena Paparan Layar Berlebihan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan Computer Vision Syndrome (CVS) adalah kumpulan gejala di mata, leher, kepala dan tulang belakang karena paparan layar yang berlebihan. Layar bukan hanya komputer, tapi termasuk HP, TV dan lain sebagainya.

“Mata yang terlalu lama melihat layar, frekuensi berkedip turun 3 kali lipat, sehingga membuat mata capek, kering, pegel dan membuat ingin mengucek-ucek mata. Orang yang lebih dari 3 jam di depan layar berisiko mengalami CVS,” katanya.

Jika Anda salah satunya jelas Dewi, maka terapkan rule of 20-20-20 (+20). “Sebaiknya setelah 20 detik melihat layar, istirahatkan mata 20 detik dengan melihat sesuatu berjarak 20 inchi (kurang lebih 50 cm) plus posisi layar 20 derajat dibawah eye level,” jelasnya.

Tetapi jika sudah terjadi CVS? Dewi menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan. Diantaranya, istirahatkan mata, coba memandang jauh, boleh pakai artificial tears. Boleh memakai kaca mata blue light filter. Usahakan postur tubuh ergonomis dan lingkungan , cahaya dari samping, jangan dibawah AC.

“Menjadi alarm penting bagi kita jika sudah ada keluhan mata merah dan pandangan kabur, harus segera periksa ke dokter mata. Stay informed, stay safe and stay healthy,” pungkasnya. (wan)