Wednesday, September 29, 2021
Depan > Kesehatan > Cegah Penularan Covid-19, Cuci Tangan Setelah Terima Makanan dan Minuman Dari Luar

Cegah Penularan Covid-19, Cuci Tangan Setelah Terima Makanan dan Minuman Dari Luar

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa Covid-19 dapat ditularkan melalui makanan dan minuman (CDC, WHO, 2020). Benar jika dikatakan bahwa virus Covid-19 dapat menempel di bungkus makanan/minuman yang kita beli, tetapi risikonya kecil.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica. “Tangan kita mungkin menyentuh bungkus makanan/minuman yang ada virusnya, kemudian tangan kita yang ada virusnya tersebut menyentuh area wajah, hidung, mata atau mulut kita, sehingga penularan dapat terjadi,” katanya.

Menurut Dewi, sehingga cara untuk mencegah penularan virus Covid-19 dari bungkus makanan/minuman yang kita dapat dari luar adalah dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Jadi kita wajib mencuci tangan saat setelah menerima makanan/minuman, setelah memasak atau mengolah makanan/minuman dan sebelum makan. Jangan menyemprot produk disinfektan ke makanan/minuman,” jelasnya.

Dewi menerangkan, cara aman jika kita membeli buah/sayur yang dapat langsung diantaranya cuci buah dan sayur dengan air mengalir dari kran, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan serta jangan mencuci buah sayur dengan sabun, pemutih, alkohol, disinfektan ataupun bahan kimia lain.

“Intinya, cuci tangan setelah menerima makanan/minuman dari luar, setelah mengolah makanan/minuman dan sebelum makan dapat meminimalisir penularan virus Covid-19 dari makanan/minuman. Stay safe everyone,” pungkasnya. (wan)