Monday, July 26, 2021
Depan > Kesehatan > Cegah COVID-19, Keluarga Harus Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Cegah COVID-19, Keluarga Harus Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Reporter : Sony Wahyu Wirawan
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica meminta masyarakat agar memastikan keluarganya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Yaitu, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik saat tiba di rumah, sebelum makan dan setelah dari kamar mandi.

“Secara teratur bersihkan/lap dengan cairan desinfektan benda-benda yang sering disentuh oleh tangan. Seperti saklar lampu, gagang pintu, pegangan pintu kulkas, handphone, kran air, remote TV, wastafel dan pegangan tangga,” katanya, Kamis (1/10/2020) malam.

Menurut Dewi, cairan disinfektannya dapat menggunakan cairan pembersih lantai (misalnya Wipol) dengan takaran 2 ml untuk 1 liter air. “Selalu gunakan masker setiap menerima tamu dari luar. Jika ada anggota keluarga yang sakit atau jika ada anggota keluarga yang terdiagnosis sebagai suspect atau probable,” jelasnya.

Dewi menambahkan agar mencuci segera pakaian yang sudah terpakai dengan detergen. “Jangan lupa perhatikan juga kebersihan keranjang baju kotor kita. Perilaku disiplin protokol kesehatan adalah kunci untuk selamat dari penularan COVID-19. Yuk selalu jaga kebersihan rumah kita. Salam sehat,” pungkasnya. (n0z)

cww trust seal