Depan > Berita Terkini > Cegah COVID-19, Disnaker Himbau Perusahaan Berlakukan Proktokol Kesehatan

Cegah COVID-19, Disnaker Himbau Perusahaan Berlakukan Proktokol Kesehatan

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Sebagai upaya kewaspadaan, pencegahan dan percepatan penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) pada perusahaan, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo menghimbau kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk memberlakukan protokol kesehatan, terutama kepada para tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di perusahaan masing-masing.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Disnaker kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin saat menggelar pers release bersama dengan tim Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo di Kantor Disnaker Kabupaten Probolinggo, Rabu (18/3/2020) sore.

Pers release ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi selaku Ketua Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

“Kami menghimbau kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk segera memberlakukan protokol kesehatan di perusahaannya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Probolinggo Tentang Status Siaga Darurat Pencegahan Penyebaran COVID-19,” kata Hudan.

Menurut Hudan, protokol kesehatan yang harus dilakukan oleh perusahaan diantaranya sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19, menjaga kebersihan lingkungan kerja, penyediaan hand sanitizer dan masker, pemasangan alat thermo gun untuk deteksi suhu tubuh pekerja serta menghindari perjalanan keluar kota yang tidak terlalu mendesak.

“Pastikan tidak adanya kerumunan pekerja di atas 20 orang. Kalaupun hal itu harus terjadi, maka harus menerapkan social distancing dengan jarak aman sekitar 2 meter diantara para pekerja,” pungkasnya. (wan)