Monday, May 10, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Cegah Bahaya Screen Time Berlebih Pada Mata Anak

Cegah Bahaya Screen Time Berlebih Pada Mata Anak

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan akibat pandemi Covid-19, anak-anak lebih banyak belajar di rumah secara online menggunakan komputer atau gadget, sehingga berisiko mengganggu kesehatan mata anak.

“Saat ini terjadi peningkatan mata minus atau myopia pada anak. Anak memiliki data akomodasi mata yang lebih besar daripada orang dewasa sehingga mereka tidak akan lelah jika melihat layar laptop atau ponsel. Beda dengan orang dewasa yang daya akomodasinya kecil sehingga saat terlalu lama di depan monitor mata akan mudah lelah,” katanya.

Menurut Dewi, ada beberapa tips agar visual hygiene (penggunaan mata yang benar) terutama bagi anak-anak. Jaga jarak antara mata dan layar. Sebaiknya duduk nyaman dengan jarak 60 cm.

“Usahakan ada penerangan yang cukup. Pastikan tidak ada pantulan cahaya yang membuat mata silau. Durasi menggunakan gadget hendaknya dibatasi dan disarankan maksimal hanya 60 menit, setelah itu lakukan istirahat mata,” jelasnya.

Selain itu jelas Dewi, lakukan senam bola mata. Saat istirahat, gerakkan bola mata ke seluruh arah dan berputar agar otot mata lebih lentur. Cukup minum air putih agar membantu mata tidak kering dan kelelahan. Serta berjemur di pagi hari. Melakukan aktivitas di luar ruangan di bawah terik matahari dapat mengurangi laju produktivitas hormon perpanjangan buat mata yang diakibat genetik.

“Konsumsi buah dan sayur. Seperti labu kuning dan wortel. Buah dan sayur tersebut banyak mengandung antioksidan, vitamin C, Vitamin D. Kompres mata. Untuk mencegah kelelahan mata akibat kekeringan lakukan kompres mata menggunakan handuk yang telah dikompres air hangat selama 15 menit sebanyak 3 kali sehari,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal