Sunday, April 14, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Bupati Timbul Serahkan BLT DBHCHT Tahap 1 Tahun 2023

Bupati Timbul Serahkan BLT DBHCHT Tahap 1 Tahun 2023

Reporter : Wahed Efendi
PAITON – Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) tahap 1 tahun 2023 secara simbolis kepada buruh tani tembakau dan penyandang disabilitas di Pendopo Kecamatan Paiton serta buruh pabrik rokok di PT. Secco Nusantara Paiton pada Senin (18/9/2023).

Turut mendampingi Bupati Timbul, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Santiyono, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto, Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo A’at Kardono, Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Probolinggo Sandi Yuda Nugraha serta Forkopimka Paiton.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Timbul menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu dan BLT DBHCHT secara simbolis kepada 4 orang buruh tani tembakau dan 1 orang masyarakat penyandang disabilitas di Pendopo Kecamatan Paiton. Dilanjutkan penyerahan secara simbolis BLT DBHCHT kepada 2 orang buruh pabrik rokok di PT Secco Nusantara Paiton.

Dalam sambutannya Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo A’at Kardono menjelaskan penerima BLT DBHCHT tahap 1 dilaksanakan pada bulan September 2023 dengan besaran bantuan sejumlah Rp 300.000 perbulan dan tahap 2 akan diserahkan pada bulan Desember 2023.

Untuk kriteria penerima BLT DBHCHT tahap 1 yaitu buruh pabrik rokok di 8 perusahaan rokok sejumlah sejumlah 4.569 penerima selama 4 bulan dari Juni hingga September sejumlah Rp 1.200.000, buruh tani tembakau di 14 kecamatan sejumlah 9.380 penerima selama 2 bulan dari Agustus hingga September sejumlah Rp 600.000 dan penyandang disabilitas kurang mampu di 17 kecamatan sejumlah 149 penerima selama 2 bulan dari Agustus hingga September 2023 sejumlah Rp 600.000.

“Pelaksana pemberian BLT DBHCHT ini melalui PT Pos Indonesia Cabang Probolinggo dan dilaksanakan di kecamatan, perusahaan atau pabrik rokok atau tempat yang telah ditentukan sesuai dengan jumlah penerima,” ujarnya.

Sementara Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengatakan kedatangannya ini bertujuan untuk melihat langsung dan sekaligus memastikan seluruh masyarakat dan karyawan pabrik tembakau mendapatkan BLT dari DBHCHT.

“Saya hadir di tengah masyarakat dan buruh pabrik tembakau hari ini ingin melihat langsung dan sekaligus menyapa masyarakat penerima BLT DBHCHT tahun 2023,” katanya.

Bupati Timbul juga memastikan bahwa dalam penditribusiannya tidak ada potongan sepeserpun oleh pemerintah. “Dalam pendistribusian ini, supaya masyarakat mengambil dan menikmati sendiri bantuan tersebut. Ini hasil keringat mereka dan kemudian dikembalikan lagi kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Timbul mengharapkan BLT DBHCHT ini bisa dimanfatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan karyawan dan masyarakat penerima BLT DBHCHT. “Saya harap apa yang kalian terima dan yang Allah SWT beri hari ini patut untuk disyukuri. Semoga diberikan keberkahan oleh Allah SWT,” pungkasnya. (hed)