Monday, May 10, 2021
Depan > Pemerintahan > Bupati Tantri Pantau Proses Hitung Cepat Pilkades Serentak 2021

Bupati Tantri Pantau Proses Hitung Cepat Pilkades Serentak 2021

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE memantau proses hitung cepat hasil rekapitulasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Minggu (2/5/2021).

Turut mendampingi dalam pemantauan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Edy Suryanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Ugas Irwanto serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Hasil penghitungan cepat ini diperoleh dari relawan pemantau Pilkades serentak dari 62 desa di 21 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo yang dibentuk oleh Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo.

Para relawan yang ada di 490 Tempat Pemungutan Suara (TPS) ini melaporkan hasil penghitungan suara yang dilakukan di masing-masing TPS kepada Koordinator Desa (Kordes) untuk direkapitulasi serta dikirimkan kepada Koordinator Kecamatan (Korcam) dan operator yang bertugas menginput setiap data yang masuk melalui aplikasi.

Setidaknya ada 3 (tiga) orang petugas operator yang siap menerima setiap data yang masuk untuk wilayah barat, tengah dan timur dibawah Koordinator Kabupaten (Korkab) Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE sangat mengapresiasi langkah hitung cepat hasil rekapitulasi Pilkades serentak ini sebagai terobosan baru yang perlu dikembangkan sehingga masyarakat tidak perlu lagi bergerombol untuk mengetahui hasil penghitungan suara dari Pilkades serentak.

“Alhamdulillah proses penghitungan cepat yang diakomodir dan direkap oleh Tim Desk Pilkades telah selesai 100%. Bahkan telah diketahui masing-masing pemenang calon kepala desa di 62 desa. Ini yang perlu kita syukuri bersama,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, dari seluruh proses Pilkades serentak di 62 desa sampai dengan selesainya proses hitung cepat sudah berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan aman, kondusif.

“Semoga sampai dengan nanti proses penetapan dan pelantikan, kondisi dinginnya hati masyarakat dan penerimaan masyarakat pada takdir Allah, mudah-mudahan bisa istiqomah sehingga dengan proses ini tentu memudahkan kita semua untuk mempercepat proses pembangunan dan pemerintahan di desa, khususnya 62 desa di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal