Tuesday, October 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Bupati Tantri Apresiasi Lomba Pentas Seni Kader Posyandu Balita

Bupati Tantri Apresiasi Lomba Pentas Seni Kader Posyandu Balita

Reporter : Hendra Trisianto
GADING – Lomba pentas seni kader posyandu balita yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Selasa (15/10/2019) pagi di Kampung Kita Hotel dan Waterpark Desa Condong Kecamatan Gading diacungi jempol oleh Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE.

Bahkan Bupati Tantri rela berlama-lama untuk menyaksikan dan memperhatikan secara seksama masing-masing penampilan kader-kader Posyandu dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo itu. Tidak jarang pula terlempar tawa lepas dan tepuk tangan meriah Bupati Tantri memberi semangat kepada kader posyandu yang sedang beraksi.

Secara keseluruhan kelompok peserta lomba pentas seni pada Jambore Kader Posyandu 2019 kali ini memang tampil menghibur, penuh semangat dan penuh kreatifitas. Menariknya setiap kelompok peserta ini dituntut untuk melakukan penyuluhan posyandu bertema “Peran Kader Posyandu dalam Pencegahan Stunting” melalui ekspresi seni, yakni seni opera, seni drama panggung bahkan seni musik dan tari.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, jadikan setiap ilmu dan kesempatan kali ini sebagai sarana dan wadah bagi saudara-saudara semua di wilayah desa dan kecamatan dalam memberikan kemanfaatan bagi sesama, utamanya dalam upaya memberantas permasalahan stunting di Kabupaten Probolinggo,” ungkap Bupati Tantri dalam pengarahannya.

Selanjutnya Bupati Tantri mengemukakan, selama ini Pemerintah Kabupaten Probolinggo juga menaruh harapan besar kepada seluruh kader posyandu di Kabupaten Probolinggo dalam memerangi stunting. Oleh karenanya ia mengapresiasi DPMD yang telah mampu menjadi rumah besar bagi kader Posyandu se-Kabupaten Probolinggo.

“Buka pintu koordinasi dan komunikasi selebar-lebarnya serta support terus kader posyandu agar mereka lebih ringan dan ikhlas dalam memberikan kemanfaatan bagi warga masyarakat Kabupaten Probolinggo. Tingkatkan terus kualitas Jambore Posyandu ini, semoga tujuan untuk meningkatkan kapasitas, dan kualitas kader Posyandu bisa tercapai, minimal kembali memacu semangat para kader posyandu kita,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Tantri juga memotivasi para istri camat yang notabene selaku Ketua Tim Penggerak PKK di wilayah kecamatan agar lebih semangat menjalankan perannya sebagai leader dan motor penggerak kegiatan ke-PKK-an di wilayah desa dan kecamatan.

Menurut Bupati Tantri, agar mampu menjadi leader yang berhasil mereka harus mampu merangkul dan menjadi ibu bagi seluruh kader di kecamatan dan desa. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak silaturahim dengan kepala desa dan Ketua Tim Penggerak PKK desa serta para kader posyandu.

“Sebagai penyemangat anggaplah tugas ini sebagai kesempatan mulia dan langka. Bagaimana tidak dari satu juta lebih warga masyarakat Kabupaten Probolinggo terpilih 24 orang perempuan saja untuk memimpin dan mengemban amanah sebagai Ketua Tim Penggerak PKK. Oleh karena itu mari kita bersama untuk benar-benar serius dan profesional,” pungkasnya. (dra)