Tuesday, October 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > BUMDes Bhinor Energi Terbaik I BUMDes Award 2020 ITS Surabaya

BUMDes Bhinor Energi Terbaik I BUMDes Award 2020 ITS Surabaya

Reporter : Hendra Trisianto
SURABAYA – Bertahan di tengah badai pandemi Covid-19, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bhinor Energi Kecamatan Paiton malah panen prestasi bergengsi tingkat Jawa Timur di penghujung tahun 2020 ini.

Setelah sebulan yang lalu meraih predikat BUMDes Terbaik II se-Jawa Timur, kini BUMDes yang selama ini dikenal melalui sektor usahanya di bidang pelayanan wisata itu kembali meraih prestasi gemilang yang mengharumkan nama baik Kabupaten Probolinggo.

BUMDes Bhinor Energi meraih juara pertama pada kategori Community Development and Engagement pada acara BUMDes Award 2020 yang diselenggarakan Rabu, (11/11/2020) pagi di ruang pertemuan Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh ITS Surabaya bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur itu adalah untuk mengapresiasi sekaligus memberikan kehormatan kepada 40 BUMDes terpilih di Jawa Timur. Masing-masing Ketua BUMDes yang hadir saat itu berkesempatan menerima sertifikat dan penghargaan langsung dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

Saat dikonfirmasi Ketua BUMDes Bhinor Energi Abdul Komar mengatakan, ITS dan Pemprov Jawa Timur sebelumnya telah menyeleksi 40 dari 6.000 BUMDes di Jawa Timur yang akan mendapatkan kehormatan untuk menjadi mitra ITS dan Pemprov Jawa Timur selama tiga tahun ke depan.

Komar menjelaskan, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama antara ITS bersama BUMDes penerima penghargaan dan penandatanganan surat kerjasama sebagai Komunitas Mitra Binaan BUMDes Naik Kelas bersama PKKPBI ITS menuju go national/global.

“Jadi BUMDes Award 2020 pertama ini bukan hanya sekadar untuk memberikan penghargaan, akan tetapi nantinya akan dilakukan kerja sama, kolaborasi dan pembinaan mulai dari pengembangan teknologi, manajemen pasar, bahkan finansial,” jelasnya.

Sementara itu terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto sangat mengapresiasi dan sekaligus bangga atas rangkaian prestasi yang telah ditorehkan Bumdes Bhinor Energi selama ini.

“Kami harap prestasi-prestasi ini juga menjadi motivasi tersendiri bagi seluruh BUMDes lainnya di Kabupaten Probolinggo. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan BUMDes di desa juga berpeluang besar untuk mewujudkan pengembangan dan pertumbuhan ekonomi desa,” tandasnya. (dra)