Friday, May 24, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Buka Akses Jalan, Damkar Lakukan Pembersihan Lumpur

Buka Akses Jalan, Damkar Lakukan Pembersihan Lumpur

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Pasca banjir yang melanda Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas, personil Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo melakukan pembersihan lumpur yang ada di depan rumah warga pada Minggu (28/1/2024).

Pembersihan lumpur dengan menggunakan mobil damkar ini dilakukan untuk membuka akses jalan warga yang sempat tertutup lumpur akibat luapan banjir kiriman akibat hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Lumbang dan sekitarnya.

Humas Damkar Kabupaten Probolinggo Sholehuddin mengatakan pembersihan lumpur sisa material banjir ini dilakukan sebagai bentuk layanan kepada masyarakat yang sedang terkena musibah.

“Kami dari Damkar Kabupaten Probolinggo ikut serta untuk membantu dalam proses pembersihan lumpur untuk membuka akses jalan sehingga mempermudah aktivitas warga setempat,” katanya.

Menurut Udin, penyemprotan lumpur sisa material banjir ini membutuhkan waktu sekitar 5 jam dan menghabiskan air sebanyak 7 tangki ukuran 3.500 liter. “Alhamdulillah, setelah lumpur dibersihkan akses jalan bisa dilalui kembali sehingga masyarakat bisa beraktifitas seperti biasanya,” jelasnya.

Udin menerangkan banjir kiriman dari wilayah Kecamatan Lumbang ini telah merendam rumah warga hingga setinggi setengah meter. “Sesuai informasi dari Kepala Desa Tambakrejo, ada 3 dusun yang terdampak yakni Dusun Wringinan, Krajan dan Prapatan. Air masuk diketahui mulai pukul 19.00 WIB pada Sabtu malam. Di RT 13 dan RW 04 Dusun Prapatan sekitar 70 KK yang terdampak,” pungkasnya. (wan)