Depan > Pemerintahan > BPS Gelar Focus Group Discussion

BPS Gelar Focus Group Discussion

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk menjadikan data yang dipublikasikan benar-benar valid dan memenuhi kebutuhan pemerintah daerah, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka optimalisasi penyusunan publikasi Kabupaten Probolinggo dalam angka, Selasa (15/2/2022) di ruang pertemuan Hotel Paseban Sena Probolinggo.

Focus Group Discussion dengan tema “Daerah Dalam Angka Sebagai Salah Satu Produk Satu Data Indonesia” ini melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

Dikesempatan ini pula, Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian memberikan piagam penghargaan dari BPS Kabupaten Probolinggo atas partisipasinya dalam penyampaian rekomendasi statistik dan metadata kepada 8 (delapan) OPD.

Yakni, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Kontributor Daerah Dalam Angka (DDA) membantu dalam penyediaan data dalam penerbitan publikasi DDA, baik Kabupaten Probolinggo Dalam Angka maupun Kecamatan Dalam Angka. Baik berasal dari instansi vertikal dan perangkat daerah yang menyediakan data statistik sektoral maupun rekan-rekan Tim Internal dari BPS Kabupaten Probolinggo sebagai penyedia data statistik dasar.

DDA merupakan salah satu produk Satu Data Indonesia. Sehingga, data dalam DDA harus memenuhi kebutuhan pengguna data agar bisa memperkuat Satu Data Indonesia di Kabupaten Probolinggo dan mendukung penyediaan data yang ada dalam DDA. Data yang dipublikasikan benar-benar valid dan memenuhi kebutuhan pemerintah daerah dalam hal perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah.

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menjelaskan salah satu produk utama BPS Kabupaten Probolinggo adalah Publikasi Kabupaten Probolinggo Dalam Angka. Dimana yang berisikan data statistik dasar dan statistik sektoral, Publikasi Kecamatan Dalam Angka yang berisikan data statistik dasar dan statistik sektoral level kecamatan. Seluruh Publikasi Daerah Dalam Angka yang diterbitkan oleh BPS Kabupaten Probolinggo dapat diakses secara gratis di website https://probolinggokab.bps.go.id.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua yaitu dalam rangka optimalisasi Publikasi Kabupaten Probolinggo Dalam Angka tahun 2022 dan penguatan Satu Data Indonesia sehingga dapat bermanfaat bagi perencanan dan evaluasi pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Probolinggo. Dengan kolaborasi menjadi kunci keberhasilan mewujudkan publikasi Kabupaten Probolinggo Dalam Angka yang berkualitas,” ungkapnya.

Sementara Oni Sanimanto, selaku Kasubbag Umum BPS Kabupaten Probolinggo menambahkan dengan adanya FGD ini diharapkan bisa untuk saling mengenal dan memahami peran masing-masing antara penyusun, walidata statistik sektoral, pengguna data utama dan kontributor data DDA.

“Semua bertanggung jawab dan melaksanakan peran masing-masing untuk bersama-sama mengupayakan publikaasi Kabupaten Probolinggo Dalam Angka yang Berkualitas demi Satu Data Kabupaten Probolinggo,” katanya. (y0n)