Thursday, February 22, 2024
Depan > Kemasyarakatan > BPBD Lakukan Identifikasi Kerusakan Jembatan Penghubung Wonorejo-Tempuran

BPBD Lakukan Identifikasi Kerusakan Jembatan Penghubung Wonorejo-Tempuran

Reporter : Syamsul Akbar
WONOMERTO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo melakukan assessment dan identifikasi kerusakan jembatan yang dilaporkan warga pada Selasa (28/3/2023) sekitar Pukul 16.00 WIB di Dusun Koburen Mereng Desa Wonorejo Kecamatan Wonomerto.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Moh Zubaidulloh mengatakan kejadian tersebut diduga merupakan dampak dari erosi tingginya debit air sungai yang membawa material dari hulu berupa rumpun bambu yang menghambat arus sungai sehingga bagian jembatan mengalami kerusakan.

“Saat ini jembatan penghubung Desa Wonorejo Kecamatan Wonomerto dan Desa Tempuran Kecamatan Bantaran tidak dapat dilalui kendaraan. Koordinasi dengan OPD berwenang dan Pemerintah setempat terkait penanganan darurat dampak kejadian masih berlangsung,” katanya.

Menurut Zubaidulloh, hasil assessment yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Probolinggo menyebutkan bentang jembatan mencapai12,5 meter dan pondasi yang tergerus mencapai 5 meter.

“Upaya lanjutan akan dilaksanakan pembersihan rumpun bambu bersama pemerintah dan masyarakat setempat sembari berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo apabila membutuhkan alat berat untuk pembersihan,” pungkasnya. (wan)