Monday, September 20, 2021
Depan > Kemasyarakatan > BPBD Distribusikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Cuaca Ekstrem

BPBD Distribusikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Cuaca Ekstrem

Reporter : Syamsul Akbar
TIRIS – Sebagai bentuk respon cepat atas terjadinya angin puting beliung yang melanda beberapa desa pada Rabu (11/12/2019) sore, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo memberikan bantuan kepada warga korban terdampak cuaca ekstrem/angin kencang, Kamis (12/12/2019).

Bantuan tersebut didistribusikan di 3 (tiga) desa terdampak bencana angin puting beliung yang menyebabkan beberapa rumah rusak dan pohon tumbang. Yakni, Desa Racek dan Wedusan Kecamatan Tiris serta Desa Gading Wetan Kecamatan Gading. Bantuan yang diberikan berupa terpal sebanyak 12 lembar dan 24 paket makanan siap saji yang diberikan langsung bagi warga yang terdampak.

“Hingga saat ini tercatat kejadian di 16 desa yang tersebar pada 6 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Dampak dari cuaca ekstrem tersebut beberapa rumah mengalami kerusakan dan masih terus kami lakukan pendataan terbaru,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi.

Kerusakan yang diderita akibat cuaca ekstrem tersebut kebanyakan adalah atap bangunan yang rusak ringan akibat diterbangkan angin kencang dan pohon yang tumbang. Selain rumah terdapat juga pohon tumbang yang menghalangi akses jalan hingga menimpa jaringan listrik PLN. Namun dengan kesigapan warga dan petugas rata-rata hingga sore hari ini sebagian besar sudah bisa ditangani.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai dan mengantisipasi bila terjadi kejadian yang serupa dengan mengenali ancaman bahaya yang berada di lingkungan sekitarnya. Segera menginformasikan kepada BPBD Kabupaten Probolinggo bila terjadi bencana,” pungkasnya. (wan)