Friday, May 24, 2024
Depan > Pemerintahan > BKPSDM dan KASN Gelar Diseminasi Penerapan Sistem Merit Dalam Manajemen ASN

BKPSDM dan KASN Gelar Diseminasi Penerapan Sistem Merit Dalam Manajemen ASN

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo bersama Komisi Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (KASNRI) menggelar diseminasi penerapan sistem merit dalam manajemen ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Rabu (23/8/2023).

Kegiatan yang digelar di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo ini diikuti oleh seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Sekretaris Dinas/Badan, Kepala Bagian pada Sekretariat Daerah dan Camat se-Kabupaten Probolinggo. Sebagai narasumber adalah Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 1 dibantu oleh Tenaga Ahli KASN RI.

Kepala BKPSDM Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin mengharapkan peserta mengetahui, memahami dan mematuhi adanya peraturan kepegawaian yang telah diterbitkan terkait Pedoman Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara untuk diterapkan dalam menjalankan kewajiban sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Sementara Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo Agus Mukson mengatakan sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur atau kondisi kecacatan.

Oleh karenanya sistem merit menjadi salah satu hasil dari agenda reformasi birokrasi yang dicanangkan Presiden untuk menciptakan birokrasi netral dan mampu melayani kebutuhan publik serta bebas dari KKN,” katanya.

Menurut Agus Mukson, penerapan sistem merit pada manajemen ASN yang berbasis pada transparansi dan objektivitas serta mengedepankan kompetensi, prestasi dan kinerja individu penting untuk memastikan tercapainya tiga fungsi ASN dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 meliputi pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat dan pemersatu bangsa.

“Sistem merit harus diterapkan secara konsisten mulai dari proses rekrutmen ASN, penggajian dan reward, pengkuran kinerja, promosi jabatan hingga pengawasan. Selain penerapan sistem merit yang menekankan pada kemampuan ASN, transformasiASN harus dibarengi dengan penguatan integritas, moral, ketaqwaan dan nilai-nilai luhur ASN Berakhlak yang berarti berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis,loyal, adaptif dan kolaboratif. Saya harap pada ASN selalu menjunjung tinggi nilai-nilai dasar ASN,”

Agus Mukson menegaskan pada penerapan sistem merit dalam manajemen ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo tahun 2022 ditetapkan pada Kategori III (baik) dengan nilai 269,5 dan indeks 0,66. “Saya meyakini hasil ini adalah buah dari komitmen dan kerja keras bersama. Tingkatkan terus prestasi ini dan aspek-aspek yang belum memenuhi untuk dilakukan penyempurnaan,” pungkasnya. (wan)