Tuesday, September 28, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Bina Akhlak Remaja Pelajar Melalui Pendekatan Pembacaan Sholawat

Bina Akhlak Remaja Pelajar Melalui Pendekatan Pembacaan Sholawat

Reporter : Hendra Trisianto
BESUK – Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo memiliki cara tersendiri untuk membina akhlakul karimah remaja pelajar dalam mengisi masa libur sekolah. Salah satunya dilakukan melalui pendekatan dalam membaca sholawat Nabi Muhammad SAW dengan diiringi music hadrah. Seperti yang dilakukan terhadap para remaja pelajar di Dusun Plakpak Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk, Selasa (9/7/2019) malam.

“Kegiatan seni Islami ini kami lakukan untuk mengajak para remaja pelajar berkumpul hingga menjadi pertemuan rutin berpindah dari rumah ke rumah. Namun hal itu bukanlah hal yang mudah. Tapi perlu dukungan kerjasama dan melibatkan para orang tua dan guru ngaji untuk memberi dorongan agar putranya mau hadir,” katanya.

Pengalaman sebagai Penilik Diktara di Kecamatan Besuk tentu banyak referensi dan tips bagaimana memberi stimulasi audien/sasaran agar mau mengikuti kegiatan mulai dari usia dini hingga lansia (Program PAUD dan Dikmas).

“Kuncinya adalah niat dan motivasinya tulus ikhlas lillahi ta’ala, ajak mereka sesuai usianya, dunianya dan beri kemudahan untuk hadir dan menyenangkan, libatkan dalam kegiatan dan apresiasi hasil-hasilnya serta sebagai motivator datang tepat waktu, senyum semangat serta jangan menampakkan wajah suasana kurang baik,” tegasnya.

Sebagai Pembina dan pengisi kegiatan Majlis Rutin Sholawat Nabi yang diberi nama Majlis Sholawat Cahaya Rosul, Massajo mengharapkan kegiatan ini terus berkembang dan bertambah jumlahnya serta istiqomah

“Melihat anggota yang aktif saat ini sebanyak 15 anak. Mereka berlatar belakang pendidikan SD, SMP, SMK dan mahasiswa Nurul Jadid Paiton. Bahkan ada yang sudah menikah tapi sangat aktif hadir sebagai ketua majlis,” pungkasnya. (dra)