Monday, September 20, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Bertambah Satu PDP, Dua PDP Selesai Diawasi

Bertambah Satu PDP, Dua PDP Selesai Diawasi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga Senin (11/5/2020) malam, Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo mencatat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Probolinggo bertambah satu orang. Disamping itu juga ada dua orang PDP yang dinyatakan selesai diawasi.

Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menyampaikan satu tambahan PDP baru ini berasal dari Desa Gending Kecamatan Gending. Lelaki yang berusia 58 tahun ini mengalami sesak napas dan ada pneumolinya sehingga dimasukkan dalam kategori PDP.

“Saat ini yang bersangkutan sedang menjalani perawatan di RSU Wonolangan Dringu untuk diobati keluhannya sambil dilakukan swab untuk mengetahui penyakit yang sebenarnya, apakah dia sakit karena dugaan COVID-19 atau bukan,” katanya.

Selain itu jelas Anang, dua orang PDP yang dinyatakan selesai diawasi berasal dari Desa Sentulan Kecamatan Banyuanyar dan Desa Patokan Kecamatan Bantaran. Keduanya selesai diawasi karena dari pemeriksaan swab dua kali hasilnya negatif.

“Dengan demikian yang bersangkutan sudah dipulangkan karena keluhannya sudah sembuh. Meskipun demikian mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing, membatasi kegiatan supaya tetap pulih dengan baik dan tidak tertular lagi,” jelanya.

Yang pasti terang Anang, PDP yang ada sedang menunggu hasil swab dan kondisinya sudah membaik. Prinsipnya kalau hasil swabnya yang ada sudah datang dan dua kali negatif makanya akan langsung dipulangkan. “Keluhan yang sering disampaikan hampir semua mereka masuk dengan sesak napas dan batuk. Tapi biasanya sudah beberapa hari sudah membaik,” terangnya.

Menurut Anang, kalau harus bertahan di rumah sakit karena memang secara prosedur dan protokol kesehatan masih harus menunggu hasil swab-swab itu dinyatakan ada sudah yang negatif dan positif.

“Itu yang membuat mereka berlama-lama di rumah sakit. Kalau kondisinya sudah banyak yang membaik. Kalau PDP sama hasilnya harus dua kali negatif baru bisa dinyatakan selesai diawasi dan dipulangnya,” tegasnya.

Secara keseluruhan, sebaran perkembangan COVID-19 di Kabupaten Probolinggo untuk pasien positif COVID-19 sebanyak 25 orang. Dengan keterangan 24 orang masih menjalani isolasi dan 1 orang sembuh.

Selanjutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 52 orang atau bertambah 1 orang dari sebelumnya yang mencapai 51 orang dengan keterangan 11 orang dalam pengawasan, 24 orang selesai diawasi dan 17 orang meninggal dunia.

Serta, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 439 orang atau bertambah 1 orang dari sebelumnya yang mencapai 438 orang dengan keterangan 103 orang dalam pemantauan, 332 orang selesai dipantau dan 4 orang meninggal dunia. (wan)