Monday, April 19, 2021
Depan > Kesehatan > Berkumur Betadine Kumur Kurangi Keluhan Mulut Karena Infeksi Virus Covid-19

Berkumur Betadine Kumur Kurangi Keluhan Mulut Karena Infeksi Virus Covid-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Salah satu upaya maksimal yang bisa dilakukan agar tetap sehat di masa pandemi Covid-19 adalah dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut juga disebut-sebut sebagai langkah yang baik untuk mencegah penularan Covid-19.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan berdasarkan beberapa hasil penelitian didapatkan penggunaan PVP-I (Betadine kumur) 2/3% selama 2 menit mampu menekan jumlah di W2 virus Covid-19.

“PVP-I 1% yang digunakan selama 30 detik, mampu menurunkan aktivitas virus. PVP-I mengurangi dan mempercapat penyembuhan infeksi saluran pernafasan seperti batuk dan pilek,” katanya.

Selain itu jelas Dewi, PVP-I efektif mengurangi gejala dan mempercepat penyembuhan flu dan radang tenggorokan. PVP-I dapat mencegah pneumonia pada pasien kritis yang menggunakan ventilator.

“Berkumur dengan PVP-I (Betadine Kumur) bisa mengurangi keluhan-keluhan pada mulut yang disebabkan infeksi virus Covid-19,” jelasnya.

Dengan berkurangnya virus di rongga mulut terang Dewi, otomatis penyebaran dan penularan virus Covid-19 di masyarakat dapat berkurang.

“Karena itu, kebersihan rongga mulut sangat penting untuk dijaga selama pandemi Covid-19 karena area tersebut merupakan habitat yang ideal untuk berkembangnya virus Covid-19,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal