Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Berharap Pandemi COVID-19 Berakhir, LPTQ Adakan Khotmil Qur’an Bil Ghoib Serentak

Berharap Pandemi COVID-19 Berakhir, LPTQ Adakan Khotmil Qur’an Bil Ghoib Serentak

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1441 H dan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-274, para penghafal Al Qur’an Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Probolinggo, Minggu (19/4/2020) pagi mengadakan Khotmil Qur’an Bil Ghoib secara serentak.

Kegiatan menghatamkan Al-Quran yang juga bersinergi bersama Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Probolinggo dan Jam’iyatul Qurro’ Wal Huffadz (Jamqur) serta PCNU Kota Kraksaan tersebut dikomando langsung dari Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan serta diikuti dari 24 masjid lainnya di seluruh kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Agar gerakan spiritual tersebut juga bisa diikuti oleh masyarakat luas, Khotmil Qur’an serentak ini juga disiarkan secara langsung melalui live streaming pada akun media sosial Info Kab Prob dan media radio Pemkab Probolinggo Bromo FM.

“Gerakan spiritual ini merupakan bentuk ikhtiar umat Islam melalui lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an untuk mengetuk pintu langit dan bermunajat kepada Allah SWT agar segera berkenan mengangkat wabah COVID-19 di bumi Indonesia dan dunia,” ungkap Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo dalam sambutannya saat berkesempatan membuka kegiatan tersebut.

Tutug mengatakan dilaksanakannya khotmil Qur’an serentak dan sekaligus doa bersama ini juga wujud keprihatinan umat Islam khususnya NU terhadap pandemi virus corona yang saat ini penyebarannya juga masif di wilayah Kabupaten Probolinggo. Terlebih lagi kata Tutug, hampir 80% orang yang terpapar virus korona tidak menunjukkan gejala klinis.

Lebih lanjut Tutug berpesan agar masyarakat menyikapi hal ini dengan meningkatkan penerapan protokol kesehatan dan anjuran pemerintah. “Satu pesan yang menginspirasi, yakni bila saya bertemu dengan anda maka mari kita pastikan bahwa saya tidak menulari anda, begitu juga sebaliknya anda pun tidak menulari saya,” ucapnya.

“Sesuai tema Harjakapro tahun ini adalah memantapkan solidaritas tugas kemanusiaan untuk percepatan penanganan COVID-19 di Kabupaten Probolinggo, syukur Alhamdulillah seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo bersinergi dalam penanganan badai wabah virus korona ini. Semoga ikhtiar dan solidaritas kebersamaan ini tercatat sebagai amal ibadah bagi kita semua,” tandasnya.(dra)