Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kesehatan > Belum Ada Bukti Virus COVID-19 Lebih Tidak Menular Pada Cuaca Panas dan Lembab

Belum Ada Bukti Virus COVID-19 Lebih Tidak Menular Pada Cuaca Panas dan Lembab

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan hingga saat ini belum ada bukti pasti bahwa virus COVID-19 lebih tidak menular (tidak stabil) pada cuaca panas dan kelembaban tinggi.

“Beberapa penelitian mengenai hal tersebut memberikan hasil yang berbeda-beda tetapi intinya cuaca bukanlah satu-satunya faktor,” katanya.

Menurut Dewi, virus influenza, SARS dan MERS, memang lebih stabil dan bertahan hidup lama pada lingkungan yang suhu dan kelembabannya rendah, sehingga dibuat hipotesis yang sama untuk virus SARS CoV 2.

“Untuk menjadi sakit, tidak hanya dipengaruhi faktor cuaca. Diperlukan faktor lain yaitu faktor inang, virus dan lingkungan. Tidak peduli cuacanya bagaimana, jika faktor inang dan virusnya mendukung ya kita bisa menjadi terinfeksi dan sakit,” jelasnya.

Jadi tambah Dewi, pencegahan tetaplah yang utama. “Lakukan apa yang bisa kita lakukan, karena masing-masing orang punya peran terhadap pandemi ini. Tetep smangat ya,” pungkasnya. (wan)