Wednesday, March 3, 2021
Depan > Kesehatan > Belum Ada Bukti Cukup Qusthul Hindi Dapat Obati Covid-19

Belum Ada Bukti Cukup Qusthul Hindi Dapat Obati Covid-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan akhir-akhir ini banyak produk yang berbahan qusthul Hindi (kayu India) yang dinarasikan bisa bermanfaat untuk mencegah dan menangani Covid-19.

“Qusthul Hindi mempunyai nama ilmiah Saussurea costus, digunakan pada pengobatan tradisional sejak 2500 tahun lalu,” katanya.

Menurut Dewi, qusthul Hindi diduga bermanfaat bagi terapi Covid-19 karena terdapat kandungan anti inflamasi/keradangan, sering digunakan untuk terapi tradisional, diduga memiliki kandungan antivirus, dapat mencegah melekatnya virus Covid-19 ke reseptor tubuh.

“Penelitian qusthul Hindi saat ini masih dalam tahap in silico (simulasi komputer). Sedangkan penelitian in silico tidak cukup untuk mengatakan bahwa suatu zat dapat bermafaat bagi tubuh,” jelasnya.

Dewi menerangkan, perlu ada hasil uji klinis untuk membuktikan bahwa qusthul Hindi bermanfaat untuk Covid-19 .

“Sehingga dapat disimpulkan, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk mengatakan bahwa Qusthul Hindi bermanfaat untuk mencegah atau mengobati Covid-19. Tetap smangat berupaya menyembuhkan negeri ini. Semoga Allah memudahkan segala upaya yang kita lakukan bersama,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal