Tuesday, February 27, 2024
Depan > Pemerintahan > Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu tahun 2024 dengan tema “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat” di Alun-alun Kota Kraksaan, Minggu (11/2/2024).

Apel siaga yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Yonki Hendriyanto dan jajaran Bawaslu Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh 402 peserta terdiri dari 330 PKD (Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa) dan 72 Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolres Probolinggo Kompol Supiyan, Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim, Kepala Rutan Kelas IIB Kraksaan Alzuarman, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin, Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Probolinggo Munaris serta sejumlah OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Yonki Hendriyanto mengatakan apel siaga pengawasan Pemilu 2024 ini dilakukan dalam rangka untuk mempersiapkan jajaran Pasnwas tingkat kecamatan dan PKD terkait dengan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) atau banner di seluruh wilayah Kabupaten Probolinggo di hari masa tenang selama 3 (tiga) hari.

“Apel siaga pengawasan Pemilu 2024 ini juga menjadi wadah untuk bisa bersinergi dengan stakeholder dan pemangku kepentingan untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024 agar berjalan dengan kondusif, aman, tertib dan damai,” katanya.

Menurut Yonki, apel siaga pengawasan Pemilu 2024 yang dilaksanakan serentak di seluruh Provinsi Jawa Timur, khususnya Kabupaten Probolinggo ini bertujuan untuk semakin menguatkan dan memperkokoh soliditas, koordinasi serta bersinergi menuju Pemilu yang berintegritas dengan tujun untuk menjaga demokrasi dan mengawal Pemilu agar berjalan sesuai dengan aturan yang semestinya.

“Bawaslu Kabupaten Probolinggo berharap dengan adanya apel siaga ini semoga bisa mensolidkan jajaran pengawas dari tingkat kecamatan sampai dengan pengawas tingkat TPS untuk mengawal tahapan Pemilu 2024 yang sudah tinggal hitungan hari, tepatnya hari Rabu tanggal 14 Pebruari 2024 agar berjalan sesuai dengan amanah undang-undang dan peraturan perundang-undangan,” pungkasnya. (wan)