Saturday, April 13, 2024
Depan > Pemerintahan > Bapelitbangda Gelar Rapat Persiapan Penganugerahan Inovasi Daerah

Bapelitbangda Gelar Rapat Persiapan Penganugerahan Inovasi Daerah

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat persiapan penganugerahan inovasi daerah di ruang pertemuan Jabung 3 Kantor Bupati Probolinggo, Kamis (22/2/2024).

Kepala Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo M. Sjaiful Effendi mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu tahapan PRO-BERAKSI (Probolinggo Bersinergi Ciptakan Inovasi) dalam rangka penganugerahan inovasi daerah.

“Di tahun 2024 ini penganugerahan inovasi daerah fokus kepada peningkatan nilai Indeks Inovasi Daerah (IID) Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu perlu dilakukan pembahasan draft pedoman umum (pedum) penganugeraah inovasi daerah,” katanya.

Menurut Sjaiful, pembahasan pedum penganugerahan inovasi daerah meliputi ketentuan umum. Untuk kategori penganugerahan meliputi Kategori I, Inovasi Daerah diperuntukkan bagi perangkat daerah, Kategori II, Inovasi dan Teknologi Berbasis Website/Mobile Apps/Android dan Artificial Intelligence (AI), Kategori III, Inovasi dan Teknologi Bidang Ekonomi dan Kategori IV, Inovasi dan Teknologi Bidang Non-Ekonomi.

“Kriteria penilaian di setiap kategori, terdapat 20 indikator penilaian. Setiap inovator menginput inovasi berupa proposal/rancang bangun serta kelengkapan indikator-indikator pada aplikasi https://proberaksi.probolinggokab.go.id/user/login,” jelasnya.

Sjaiful menambahkan untuk jadwal kegiatan direncanakan dimulai dengan sosialisasi Anugerah Inovasi Daerah pada tanggal 5 Maret 2024, input proposal mulai 6 Maret hingga 26 April 2024 dan penilaian tanggal 29 April hingga 10 Mei 2024.

Selanjutnya, rapat pembahasan penilaian pada tanggal 13 Mei 2024, pengumuman nomine pada tanggal 14 Mei 2024, paparan dan evaluasi terhadap nomine tanggal 20 hingga 22 Mei 2024 dan penetapan juara inovasi tanggal 31 Mei 2024. (wan)