Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kesehatan > Bantuan APD dan Alkes Tambah Semangat Tenaga Medis

Bantuan APD dan Alkes Tambah Semangat Tenaga Medis

Reporter : Hendra Trisianto
PROBOLINGGO – Sepak terjang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan tenaga medis terkait penanganan pandemi virus Corona mengundang banyak dukungan dari pihak luar daerah Probolinggo.

Dukungan dan perhatian tersebut salah satunya dari Yayasan Rumah Kita Sidoarjo yang juga turut peduli terhadap penanganan penyebaran COVID-19 di wilayah Jawa Timur. Dukungan yang diwujudkan berupa paket bantuan paket Alat Pelindung Diri (APD) lengkap bagi tenaga medis dan alat kesehatan (alkes) ini diterima langsung oleh Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE, Selasa, (16/06/2020) siang.

Bupati Tantri mengatakan musibah wabah virus Corona ini memang harus menuntut semua untuk saling bahu membahu dan berangkulan agar mampu menghadapi dan menuntaskan wabah ini dengan sebaik-baiknya.

“Insya Allah bantuan ini sangat bermanfaat dan tentunya menambah semangat kami, terutama tenaga medis yang sampai saat ini tetap semangat memberikan layanan terbaik bagi penanganan pasien di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo ini sangat mengapresiasi dari keseluruhan paket bantuan APD yang diterimanya itu. Terdapat dua unit alat kesehatan ventilator yang sangat dibutuhkan bagi pasien COVID-19, terutama bagi yang harus menjalani perawatan medis dan mengalami masalah pernapasan.

‚ÄúTerima kasih atas perhatian dan supporting semangat yang luar biasa kepada kami yang sejak Maret yang lalu terus berjibaku bersama masyarakat melawan pandemi COVID-19. Semoga menjadi jariyah bagi panjenengan semua dan semoga Jawa Timur segera membaik kondisinya dan Indonesia bisa pulih dari COVID-19,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengemukakan bahwa Ventilator perannya sangat penting untuk menggantikan fungsi pernafasan sampai kondisi perbaikan, terutama bagi pasien penderita COVID-19 yang mengalami gagal nafas.

“Ketersediaan ventilator yang kita miliki sebelumnya sudah cukup memadai mengingat angka kesakitan yang membutuhkan ventilator tersebut sangat minim di Kabupaten Probolinggo. Namun adanya tambahan ini tentu akan menambah kesiapan kita dalam penanganan pasien, manakala terjadi banyak kasus gagal nafas,” tandasnya. (dra)