Monday, March 4, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Kembali Gelar Car Free Day

Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Kembali Gelar Car Free Day

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka untuk membangkitkan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali akan menggelar Car Free Day (CFD).

Hanya saja, CFD kali ini akan dipusatkan di sekitaran Alun-alun Kota Kraksaan dan dilaksanakan secara mandiri oleh para pelaku UMKM dan komunitas, khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan dan sekitarnya.

“Sesuai dengan kebijakan dan arahan dari Bapak Plt Bupati (Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko) yang ingin menggerakkan ekonomi masyarakat utamanya para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Kraksaan, kita diperintah untuk segera mengkaji untuk dilaksanakannya lagi kegiatan Car Free Day,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Jum’at (15/7/2022).

Dalam kegiatan CFD yang akan dimulai pada Minggu tanggal 17 Juli 2022 ini jelas Heri, Camat Kraksaan yang akan menjadi leading sektornya bersama dengan UMKM. Pemerintah Daerah hanya mendorong dan menyiapkan fasilitas berupa jalan yang ada di sekitar Alun-alun Kota Kraksaan untuk digunakan sebagai area CFD.

“Kalau sebelumnya di Jl Imam Bonjol, tahun ini Bapak Plt Bupati menghendaki Alun-alun Kota Kraksaan. Hal ini dikarenakan supaya ada manfaatnya Alun-alun Kota Kraksaan. Barangkali daya tariknya lebih dibandingkan dengan di Jl. Imam Bonjol,” jelasnya.

Menurut Heri, untuk CFD ini nantinya akan menempati jalan sisi timur hingga sisi utara di luar Alun-alun Kota Kraksaan. Sementara untuk area di depan Masjid Agung Ar-Raudlah akan digunakan tempat parkir dulu. “Untuk sisi selatan tidak ada kegiatan lain. Sebab itu merupakan jalan nasional, khawatir nanti mengganggu aktifitas masyarakat yang bertransportasi disana,” terangnya.

Heri menerangkan untuk konsepnya CFD ini mudah-mudahan bisa menjadi tempat perputaran ekonomi yang ada di Kecamatan Kraksaan dan sekitarnya. Setelah dimulai pada Minggu tanggal 17 Juli 2022, rencananya akan diadakan setiap minggu secara mandiri oleh para pelaku UMKM dan pelaku komunitas.

“Konsepnya para UMKM diminta untuk mandiri dalam rangka untuk menggerakkan ekonomi. Nanti juga akan minta support dan dukungan dari beberapa perusahaan. Mulai dari bantuan tenda dan sound system,” tegasnya.

Hal ini dikarenakan semua OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo tidak ada perencanaan anggaran untuk CFD setelah 2 tahun pandemi Covid-19. CFD ini merupakan salah satu program percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 dengan menciptakan kegiatan yang dapat mendorong ekonomi masyarakat.

“Untuk kegiatan awal besok Minggu, kegiatanya akan diisi dengan senam pagi bersama di dalam Alun-alun Kota Kraksaan oleh para penghobi senam. Selanjutnya juga ada sajian dari para komunitas yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan dan sekitarnya. Intinya semua akan kita fasilitasi di Alun-alun Kota Kraksaan,” ujarnya.

Heri menegaskan untuk kegiatan CFD ini tidak ada kegiatan seremonial. Konsepnya dibuah berubah, yang penting nanti produk UMKM lalu dan masyarakat ada hiburan. “Jadi ini murni gawenya pelaku UMKM dan komunitas. Kita hanya memfasilitas tempat di Alun-alun Kota Kraksaan,”ungkapnya.

Lebih lanjut Heri menghimbau para pelaku UMKM untuk masing-masing mempunyai tekad dan semangat untuk mandiri dan tidak hanya menunggu bantuan dari pemerintah. Dalam hal ini Pemerintah Daerah hanya memfasilitasi.

“Jadikan kesempatan ini untuk kembali menumbuhkan kegiatan perekonomian masyarakat. Manfaatkan Alun-alun Kota Kraksaan dengan saling bertanggungjawab. Karena bagaimanapun juga ini adalah asetnya rakyat yang dibangun dari uang rakyat. Mari kita pelihara bersama-sama,” ajaknya.

“Harapannya mudah-mudahan dengan fasilitas Alun-alun Kota Kraksaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat ini bisa menjadi daya tarik untuk penggerakan ekonomi yang ada di Kecamatan Kraksaan pada khususnya dan Kabupaten Probolinggo pada umumnya,” pungkasnya. (wan)