Tuesday, October 19, 2021
Depan > Pendidikan > APSI Mitra Dinas Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

APSI Mitra Dinas Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia) merupakan organisasi profesi bagi pengawas-pengawas sekolah. Dimana tugasnya pengawas adalah melaksanakan supervisi akademik dan supervisi manajerial.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) APSI Kabupaten Probolinggo dengan tema “Profesional Judgment and Quality Assurance” di aula KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo, Sabtu (24/10/2020) pagi.

“Saya tidak meminta kepada pengawas selaku anggota APSI untuk menaikkan angka rata-rata lama sekolah, tapi tolong untuk harapan lama sekolah kita bergerak. Karena memang kita bergeraknya pada harapan lama sekolah tidak di rata-rata lama sekolah,” katanya.

Menurut Rozi, ASPI sebagai organisasi profesi adalah mitra dari Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Probolinggo. “Tentunya APSI sebagai organisasi profesi bukan sebagai pengawas. Kita harus bisa membedakan hal itu,” jelasnya.

Lebih lanjut Rozi menerangkan pengawas sekolah di abad 21 harus memiliki kemampuan 4C meliputi communication competence (kemampuan komunikasi), critical thinking (berpikir kritis), creativity (memiliki kreativitas) dan collaboration (mampu kolaborasi dan bekerja sama).

“Tetapi kita tidak bisa meminta PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) untuk memiliki kemampuan 4C kalau pengawas belum mampu menguasai 4C. Begitu juga, jangan berharap peserta didik memiliki 4C kalau PTKnya belum menguasai 4C,” terangnya.

Rozi menambahkan bahwa rakor APSI ini merupakan kegiatan yang luar biasa, karena APSI salah satu organisasi profesi yang bertugas untuk meningkatkan mutu pendidikan. APSI menjadi salah satu mitra Dinas Pendidikan untuk meningkatkan mutu-mutu guru dan tenaga kependidikan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Saya berharap dan menaruh harapan APSI kedepan akan lebih dinamis dan akan lebih banyak berkiprah untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Kabupaten Probolinggo. APSI itu mempunyai peran sebagai profesional judgment and quality assurance. jadi memberikan pertimbangan-pertimbangan profesional sekaligus penjamin mutu pendidikan yang ada di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Sementara Ketua APSI Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya mengungkapkan Rakor APSI Kabupaten Probolinggo dalam rangka Hari Ulang Tahun APSI ke-18 (14 Oktober 2002-14 Oktober 2020) ini bertujuan membuka ruang dalam rangka koordinasi antara kegiatan APSI dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Pendidikan yang berujung kepada peningkatan mutu pendidikan.

“Karena memang APSI ini anggotanya pengawas pengawas sekolah TK, SD, SMP dan SMA. Mereka ini adalah pengawas yang hebat yang disebut sebagai profesional judgment and quality assurance,” ungkapnya.

Dengan kegiatan ini Joko berharap bagaimana meraih ke depan ini Kabupaten Probolinggo pendidikan Gemilang yang berujung pada peningkatan mutu. Jadi pengawasnya berdaya, pendidikan jaya dan Kabupaten Probolinggo luar biasa. Pokok-pokok yang dibahas mengangkat sebuah isu dalam kegiatan panel isu untuk pendidikan terkait TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs.

“Kami selaku Ketua APSI Kabupaten Probolinggo berharap bahwa organisasi APSI mari bersama-sama membackup Pemerintah Kabupaten Probolinggo bersama Dinas Pendidikan mengangkat derajat yang hari ini indeks pendidikan masih sangat rendah 0,55. Targetnya paling tidak meningkat menjadi cukup atau menjadi lebih baik. Ujungnya adalah peningkatan mutu pendidikan Gemilang Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.

Rakor APSI yang diikuti sekitar 50 orang peserta ini dihadiri oleh Sekretaris Dispendik Kabupaten Probolinggo Edy Karyawan bersama Kabid Pembinaan PAUD, PNF Sulastri, Kabid Pembinaan SMP Fakhrurrozi, Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo Purnomo serta Himpaudi Kabupaten Probolinggo. (wan)