Depan > Kemasyarakatan > Antisipasi Angin Kencang, BPBD Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Antisipasi Angin Kencang, BPBD Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Reporter : Syamsul Akbar
KREJENGAN – Sebagai bentuk antisipasi akibat adanya angin kencang akibat cuaca ekstrem, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo melakukan pemangkasan ranting pohon rawan tumbang di sepanjang jalan Kecamatan Krejengan hingga Kecamatan Gading, Senin (8/8/2022).

Kegiatan yang dilakukan bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo ini melibatkan sebanyak 13 orang personil. Pemangkasan dilakukan terhadap ranting pohon yang menjorok ke jalan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo melalui Analis Kebencanaan Muda Amat Sulaksono mengatakan memasuki musim kemarau umumnya di Kabupaten Probolinggo anginnya bertiup sangat kencang. Ini tentunya menimbulkan kekhawatiran akan adanya pohon tumbang, terutama di sepanjang jalan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Oleh karena itu, BPBD Kabupaten Probolinggo mengambil langkah untuk melakukan pemangkasan ranting pohon yang rawan tumbang. Sebab hal itu sangat membahayakan bagi penggun jalan yang sedang melintas,” katanya.

Amat menjelaskan tidak semua pohon di sepanjang jalan Kabupaten Probolinggo yang dilakukan pemangkasan. Hanya pohon yang rantingnya menjorok ke jalan saja yang dilakukan pemangkasan.

“Upaya ini kami lakukan agar supaya tidak membahayakan masyarakat pengguna jalan maupun masyarakat sekitar. Karena keselamatan para pengguna jalan harus tetap diutamakan,” jelasnya.

Sebelum pemangkasan ranting pohon dilakukan terang Amat, BPBD terlebih dahulu melakukan survey terhadap pohon-pohon yang rawan tumbang di jalan Kabupaten Probolinggo.

“Pemangkasan ranting pohon rawan tumbang ini dilakukan secara rutin, terutama menjelang datangnya musim kemarau dan angin kencang sehingga keselamatan pengguna jalan terjaga,” tegasnya.

Menurut Amat, pemangkasan ranting pohon rawan tumbang ini akan dilakukan di seluruh jalan Kabupaten Probolinggo. Tujuannya untuk mencegah pohon tumbang karena angin kencang di musim kemarau.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, sekalipun bukan di pinggir jalan, pohon-pohon yang rawan tumbang hendaknya bisa dipangkas atau dipotong. Sebab hal itu sangat berbahaya bagi masyarakat terlebih memasuki musim kemarau yang anginnya sangat kencang,” pungkasnya. (wan)