Sunday, January 23, 2022
Depan > Kemasyarakatan > Akhir Pebruari, Gudang SRG Alassumur Kulon Siap Terima Hasil Pertanian Petani

Akhir Pebruari, Gudang SRG Alassumur Kulon Siap Terima Hasil Pertanian Petani

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Akhir Pebruari atau awal Maret 2022, gudang Sistem Resi Gudang (SRG) Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan sudah bisa menerima dan menyimpan hasil pertanian petani.

Kepastian tersebut disampaikan Direktur PT Cipta Usaha Agro Niaga Prabowo selaku Pengelola Baru Gudang SRG Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan didampingi Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Muhammad Natsir ketika melakukan pengecekan sarana prasarana (sarpras) yang ada di gudang SRG Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan, Selasa (11/1/2022).

“Biasanya panen raya itu terjadi pada akhir Pebruari atau awal Maret. Oleh karena itu kita akan siap menerima hasil pertanian petani pada waktu tersebut. Artinya mulai akhir Pebruari 2022 ini gudang SRG sudah bisa menyimpan hasil pertanian petani. Namun untuk tahun pertama ini yang penting jalan dulu, masalah lain-lain nanti akan mengikuti,” ujarnya.

Prabowo menyampaikan secara umum sarpras yang ada di Gudang SRG Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan ini masih bagus. “Tinggal nanti dilakukan pembenahan dan pembersihan saja dulu sebelum beroperasi,” jelasnya.

Bahkan Prabowo mengaku akan membebaskan biaya sewa agar tidak memberatkan petani sehingga petani bisa lebih mudah untuk menyimpan hasil pertanian. Namun nanti petani yang menyimpan sampai 6 (enam) bulan akan dikenai biaya perawatan. Jika tidak begitu maka hasil pertanian yang disimpan di gudang akan rusak.

“Saya akan berupaya agar gudang SRG ini bisa ramai. Dalam artian banyak petani atau kelompok tani yang menyimpan hasil pertaniannya disini. Jika SRG ini ramai, tentunya kesejahteraan petani akan meningkat,” terangnya.

Sementara Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Muhammad Natsir sangat mengapresiasi upaya dan semangat dari pengelola yang menginginkan agar Gudang SRG Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan ini bisa segera beroperasi dan ramai oleh petani dan kelompok tani.

“Namun demikian, ada salah satu persyaratan lagi yang harus dipenuhi dulu berupa Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 oleh pengelola Gudang SRG Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan. Tetapi yang jelas kami akan memfasilitasi hal tersebut dengan Sucofindo terkait sertifikat Sistem Manajemen Mutu,” katanya.

Nasir mengharapkan agar pada saat panen raya Gudang SRG Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan ini sudah siap untuk menerima hasil pertanian petani. Dengan demikian petani bisa tunda-jual sampai nanti harganya naik.

“Mudah-mudahan gudang SRG Alassumur Kulon ini bisa segera beroperasi dan mempersiapkan panen raya. Karena biasanya pada saat panen raya harganya turun. Dengan menyimpan di gudang SRG, petani nantinya akan mendapatkan resi gudang yang bisa digunakan untuk memperoleh pembiayaan ke bank pelaksana,” pungkasnya. (wan)