Tuesday, September 21, 2021
Depan > Pemerintahan > 62 Desa Gelar Pilkades Serentak 2021 Aman Covid-19

62 Desa Gelar Pilkades Serentak 2021 Aman Covid-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 62 desa yang berada di 21 kecamatan di Kabupaten Probolinggo menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 aman Covid-19, Minggu (2/5/2021).

Perhelatan pesta demokrasi tingkat desa ini diramaikan oleh 215 orang calon kepala desa (cakades) yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh panitia Pilkades yang ada di masing-masing desa se-Kabupaten Probolinggo.

Sejak pagi hari, sebanyak 178.421 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 62 desa tersebut menuju 490 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak suaranya dan menentukan pemimpin desanya.

Pelaksanaan pemungutan suara Pilkades ini dijaga oleh pihak keamanan yang berasa dari TNI dan Polri serta Satgas. Dalam pelaksanaannya, semua pemilih, petugas TPS dan lokasi TPS menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pemungutan suara ini dilaksanakan sampai dengan pukul 12.00 WIB. Setelah istirahat untuk Sholat Dhuhur, prosesi Pilkades serentak akan dilanjutkan dengan penghitungan hasil pemungutan suara.

Untuk memastikan pelaksanaan Pilkades serentak berjalan dengan lancar, sukses dan aman Covid-19, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE bersama dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo melakukan pemantauan Posko Pilkades di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih.

Kegiatan dilanjutkan dengan vidcon pemantauan Pilkades serentak tahun 2021 bersama dengan Dirjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri RI di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih. (wan)