Sunday, September 26, 2021
Depan > Kesehatan > 365 WBP Rutan Kraksaan Divaksin Covid-19 Dosis 2

365 WBP Rutan Kraksaan Divaksin Covid-19 Dosis 2

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 365 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Kraksaan menjalani vaksinasi Covid-19 dosis 2, Jum’at (13/8/2021) mengikuti suntikan vaksin dosis kedua.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis 2 bagi 365 WBP Rutan Kelas IIB Kraksaan ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo. “Vaksinasi Covid-19 ini merupakan upaya untuk mempercepat herd immunity agar terhindar dari paparan Covid-19,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Kraksaan Bambang Irawan.

Menurut Bambang, total WBP yang ada di Rutan Kelas IIB Kraksaan mencapai 374 orang. Hanya saja yang bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis 2 hanya 365 orang. Sementara sisanya ada yang belum bisa dilakukan vaksinasi karena masih berada di Polres Probolinggo, ada yang sudah divaksin saat masih berada di luar.

“Selain itu ada juga yang belum bisa divaksin dikarenakan pada saat pemeriksaan kesehatan oleh petugas yang bersangkutan dinyatakan belum bisa divaksin karena gangguan kesehatan,” jelasnya.

Bambang menerangkan program vaksinasi Covid-19 dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bagi WBP di Rutan Kelas IIB Kraksaan ini bertujuan untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. “Ini merupakan salah satu ikhtiar agar bisa keluar dari pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama 1 tahun lebih,” tegasnya.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini juga dipantau oleh Camat Kraksaan Ponirin dan Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto. Keduanya melihat dari dekat proses vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di aula Rutan Kelas IIB Kraksaan tersebut. (wan)