Wednesday, April 21, 2021
Depan > Kemasyarakatan > 24 Finalis Bakal Ramaikan Grand Final Kraksaan Mencari Bakat 2019

24 Finalis Bakal Ramaikan Grand Final Kraksaan Mencari Bakat 2019

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Sedikitnya 24 grand finalis duta seni (grup/solo) dari berbagai genre, Minggu (29/12/2019) malam bakal unjuk kebolehan untuk menjadi yang terbaik pada even grand final Kraksaan Mencari Bakat (KMB) 2019 yang dihelat di Gedung Islamic Centre (GIC) Kota Kraksaan.

Untuk menuju grand final KMB 2019, talenta seni terbaik ini sebelumnya telah terpilih oleh para juri Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo (Dekapro) untuk mewakili masing-masing wilayah kecamatan melalui seleksi yang digelar di tiga wilayah (timur, tengah dan barat) Kabupaten Probolinggo beberapa waktu lalu.

Melalui proses seleksi tersebut alhasil didapatkan bibit-bibit seniman berkualitas dari berbagai penjuru di Kabupaten Probolinggo dengan beragam genre seni. Mulai dari seni tarik suara, seni lukis, theater sampai seni tari akan menampilkan yang terbaik sesuai dengan talenta masing-masing di depan dewan juri pada grand final KMB 2019 ini.

Wakil Ketua Dekapro Edy Kisworo mengemukakan KMB merupakan salah satu wadah yang diinisiasi oleh Dekapro untuk memberikan ruang ekpresi bagi para bibit-bibit seniman yang tersebar di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. “Perkembangan bidang seni budaya kita sangat maju dan produktif. Oleh sebab itu kita sangat perlu untuk mengapresiasinya salah satunya melalui event KMB ini,” katanya

Lebih lanjut Edi menjelaskan dalam proses penjurian grand final KMB nanti tentunya akan ada performance dari berbagai genre seni. Oleh karenanya dibutuhkan juri yang kompeten dan memiliki multitalenta seni. Beberapa juri yang akan menilai diantaranya dari Dewan Kesenian Jawa Timur dan dosen Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya.

“KMB juga bertujuan menggali potensi sekaligus mengangkat kekayaan seni yang ada di Kabupaten Probolinggo. Mereka semua adalah duta seni Kabupaten Probolinggo dan sewaktu-waktu siap untuk mewakili ke tingkat provinsi atau ditampilkan untuk acara-acara seni di tingkat Kabupaten Probolinggo sendiri,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal