Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > 20 Personil Dishub Ikuti Diklat Penjaga Pos Perlintasan Kereta Api

20 Personil Dishub Ikuti Diklat Penjaga Pos Perlintasan Kereta Api

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Sebanyak 20 orang personil Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) penjaga pos perlintasan sebidang kereta api di Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, Senin hingga Jum’at (4-8/9/2023).

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengatakan pengiriman karyawan Dishub Kabupaten Probolinggo untuk mengikuti diklat penjaga pos perlintasan sebidang kereta api di PPI Madiun ini merupakan ikhtiar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dishub untuk meningkatkan keselamatan transportasi di perlintasan sebidang kereta api.

“Sudah berbagai upaya dilakukan, salah satunya adalah pembangunan pos perlintasan sebidang kereta api yang berpalang pintu dan berpenjaga. Seluruh wilayah Kabupaten Probolinggo ini ada 47 titik perlintasan sebidang. Untuk sementara yang dibangun Pemerintah Daerah baru 1 titik. Selanjutnya tahun 2023 ini ada 5 titik. Dimana satu perlintasan itu menggunakan sistem shif butuh 4 orang sehingga untuk 5 titik butuh 20 orang,” katanya.

Menurut Taufik, keseriusan dari Pemerintah Daerah ini tentunya perlu didukung oleh seluruh stakeholder mulai dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, masyarakat maupun media massa.

“Mari bersama-sama meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan kepada rambu-rambu lalu lintas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila dilaksanakan semua bersama-sama, Insya Allah keselamatan transportasi di Kabupaten Probolinggo dapat terjalin dengan baik,” jelasnya.

Taufik menerangkan untuk tahun 2024 Dishub juga sudah menganggarkan pembangunan pos perlintasan sebidang kereta api yang berpalang pintu dan berpenjaga sebanyak 5 (lima) titik. “Jadi tahun 2022 sebanyak 1 titik, tahun 2023 sebanyak 5 titik dan tahun 2024 sebanyak 5 titik lagi,” pungkasnya. (wan)