Depan > Kemasyarakatan > 15 Warga Tigasan Wetan Terima Sertifikat Pelatihan Desain Batik

15 Warga Tigasan Wetan Terima Sertifikat Pelatihan Desain Batik

Reporter :Mujiono
LECES – Sebanyak 15 orang warga Desa Tigasan Wetan Kecamatan Leces menerima sertifikat pelatihan desain batik dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo.

Sertifikat pelatihan desain batik ini diberikan, setelah belasan warga tersebut telah mengikuti pelatihan desain batik selama 5 (lima) hari. Penyerahan sertifikat pelatihan desain batik ini dilaksanakan di Kantor Desa Tigasan Wetan Kecamatan Leces bersamaan dengan penyerahan hadiah bagi yang hasil karyanya dinilai paling baik, Jum’at (29/10/2021).

Hasil karya dari para peserta dikumpulkan dan dilakukan penilaian pada hari kelima tepatnya saat penutupan pelatihan desain batik. Selanjutnya mereka diberikan pelatihan kembali untuk dikerjakan di rumahnya. Yakni, mendesain dan membatik pada kain dengan ukuran yang lebih besar dan dikumpulkan pada tanggal 4 Nopember 2021 mendatang.

Pelatihan kembali ini diberikan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan dalam mendesain dan membatik agar lebih mahir dan berkualitas. Selama pelatihan mereka dipandu oleh Owner Batik Tulis Dewi Rengganis Rusyami.

Kepala DPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah perempuan-perempuan yang terpilih. Pemerintah Kabupaten Probolinggo berupaya untuk meningkatkan perekonomian melalui pelatihan desain batik.

“Keterampilan desain batik ini diharapkan bisa menjadi bekal bagi para peserta dan harus terus banyak berlatih agar supaya nantinya lebih baik lagi hasil karyanya dan lebih berkualitas,” katanya.

Menurut Anang, Pemerintah Kabupaten Probolinggo selalu mendukung bagi ibu-ibu yang memiliki keterampilan ini, baik dari segi pemasaran maupun dari permodalannya. “Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan membantu menambah penghasilan keluarga,” harapnya. (y0n)