Sunday, June 13, 2021
Depan > Kemasyarakatan > 10 Desa Terbaik OVOD Ikuti Penilaian Tahap Akhir

10 Desa Terbaik OVOD Ikuti Penilaian Tahap Akhir

Reporter : Mujiono
PAITON – Kabupaten Probolinggo memiliki desa yang berpotensi di tiap-tiap kecamatan. Oleh karena itu dilaksanakan lomba One Village One Destinasion (OVOD) yang telah memasuki tahap penilaian oleh tim penilai. Terdiri dari Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) dan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait. Dari hasil penilaian di tiap-tiap desa yang berpotensi diambil 10 besar untuk dilakukan penilaian secara berlanjut.

Ke-10 nominasi desa berpotensi selanjutnya diseleksi oleh dewan juri pada acara penilaian OVOD Bupati Cup, Jum’at (15/11/2019) di Rechall Permanent Operator Housing (POH 1) di PT. POMI-Paiton Energy Kecamatan Paiton.

Penilaian tahap akhir OVOD ini dipimpin langsung oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Community & Human Resources Manager PT. POMI Paiton Bambang Jiwantoro, Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari untuk memberikan penilaian kepada peserta 10 desa yang berpotensi.

Dari 10 besar desa berpotensi di 10 kecamatan diantaranya, Air Terjun Jaran Goyang Desa Guyangan Kecamatan Krucil, Pantai Bandar Segara Desa Dringu Kecamatan Dringu, Taman Sari Desa Tamansari Kecamatan Kraksaan, Rawa Tirta Desa Sumber Kedawung Kecamatan Leces serta Tusuk Sate Desa Bulang Kecamatan Gending.

Selanjutnya, Taman Mini Desa Rambaan Kecamatan Sumber, Wisata Air Desa Paiton Kecamatan Paiton, Destinasi Wisata Rawa Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan, Air Terjun Watu Lawang Desa Ngepung Kecamatan Sukapura dan Pekalen Fun Tubing Desa Maron Kidul Kecamatan Maron.

Dari 10 peserta kemudian akan dinilai kembali untuk diambil 5 (lima) terbaik dan berhak mendapatkan tiket resmi untuk mendapatkan penghargaan langsung dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE.

Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah menyampaikan tujuan program OVOD ini merupakan sebuah kegiatan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bersama FKPS dan PT. POMI untuk mendorong masyarakat Kabupaten Probolinggo yang mampu menggali dan menemukan potensi yang ada di wilayahnya.

“Yang perlu diketahui kepada para peserta OVOD, proses penilaiannya adalah bukan karena destinasi yang sudah jadi, akan tetapi ditekankan pada komitmen support serta kolaborasi dengan masyarakatnya. Melalui janji kita, OVOD ini merupakan bagian awal proses untuk melakukan penguatan destinasi wisata sehat di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan ucapan terima kasih kepada FKPS dan PT. POMI yang telah banyak mensupport visi misi Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo bersama-sama mewujudkan tercapainya cita-cita masyarakat dan meningkatkan pembangunan di Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan OVOD ini minimal ada dua hal yang kita raih bersama. Pertama, menggali potensi yang ada di seluruh desa se-Kabupaten Probolinggo. Yang pastinya mempunyai sejuta kelebihan diantara sedikit sekali kelemahan. Kita tidak ingin mengeluh terhadap kekurangan, tetapi semangat kita adalah bagaimana menutupi kekurangan dengan menaikan segala kelebihan dan potensi yang ada di desa,” katanya.

Kedua, pengembangan destinasi wisata yang sehat. “Oleh karena itu, kita bersama-sama berikhtiar mengembangkan destinasi dengan banyak manfaat dan terdapat sisi edukasi kesehatan di dalamnya,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal