Wednesday, October 18, 2017
Beranda > Kesehatan > Tingkatkan Kualitas Layanan, Bina Puluhan Posyandu dan Taman Posyandu

Tingkatkan Kualitas Layanan, Bina Puluhan Posyandu dan Taman Posyandu

Reporter : Syamsul Akbar
Rabu 09 Agustus 2017

KRAKSAAN – Selama tahun 2017, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo akan melakukan pembinaan terpadu posyandu dan taman posyandu. Pembinaan ini akan dilakukan pada 48 posyandu dan taman posyandu di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Selasa (8/8/2017), pembinaan posyandu dan taman posyandu ini dilakukan Taman Posyandu Tunas Harapan di Dusun Nangka Desa Besuk Kecamatan Bantaran. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat DPMD Kabupaten Probolinggo Puja Kurniawan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa posyandu bisa menjadi tempat untuk tumbuh kembang anak bersama ibu. Sekaligus memberikan edukasi untuk bersama-sama menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“Maksimalkan peran para kader posyandu yang sudah ada demi memberikan pelayanan kesehatan ibu dan balita secara maksimal. Semua ini penting demi mewujudkan komitmen untuk menaikkan strata posyandu dari purnama ke mandiri, “katanya.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat DPMD Kabupaten Probolinggo Puja Kurniawan mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas kesehatan ibu dan balita dengan melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah terkait di Kabupaten Probolinggo.

“Pembinaan ini difokuskan kepada kelembagaan posyandu yang meliputi kinerja kader posyandu, LPP (Lembaga Pembina Posyandu), manajemen dana posyandu dan peningkatan sarpras (sarana dan prasara) posyandu,” katanya.

Menurut Puja, pembinaan terhadap posyandu dan taman posyandu ini merupakan salah satu upaya untuk menaikkan tingkatan posyandu mulai dari pratama, madya, purnama dan mandiri. “Pembinaan terhadap posyandu dan taman posyandu sangat penting dilakukan. Sehingga masalah kesehatan yang dialami oleh masyarakat bisa berkurang, “jelasnya.

Puja menegaskan dalam membina posyandu, diperlukan sinergitas yang melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah agar bisa mengetahui fakta dan realita tidak hanya melalui laporan dan catatan kertas. “Setidaknya nanti bisa menjadi sebuah telaah atau kajian dalam program kerja organisasi perangkat daerah masing-masing,” tegasnya.

Melalui pembinaan posyandu dan taman posyandu ini Puja mengharapkan agar ke depan pelayanan posyandu yang diberikan kepada masyarakat bisa lebih baik dan mampu mengantarkan posyandu menjadi mandiri.

Pembinaan posyandu dan taman posyandu ini melibatkan beberapa OPD terkait. Meliputi DPMD, Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian, Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bappeda, Dinas Pendidikan, DPPKB dan TP PKK Kabupaten Probolinggo. (wan)