Jumat, November 24, 2017
Beranda > Pendidikan > Terapkan Keilmuan Mahasiswa dengan Dakwah Bil Hal

Terapkan Keilmuan Mahasiswa dengan Dakwah Bil Hal

Reporter : Syamsul Akbar

KRAKSAAN – Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si meminta agar mahasiswa memotret secara langsung kondisi masyarakat yang ada di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Serta mengajari masyarakat mengenai keilmuan apapun yang dimiliki oleh mahasiswa.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Hasan Aminuddin dalam penyerahan bantuan biaya pendidikan kepada 150 mahasiswa dalam program pemberantasan buta aksara di Kabupaten Probolinggo yang digelar Dinas Pendidikan (Dispendik) bekerja sama dengan Pengurus Cabang ISNU (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama) Kabupaten Probolinggo di aula Bin Hasan Pondok Pesantren Hati Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan, Jumat (3/11/2017) sore.

“Keilmuan kalian terapkan untuk memberikan dakwah bil hal kepada masyarakat dan jangan sekali-kali memberikan dalil-dalil. Karena tugas kalian adalah mengajari dan praktek langsung agar mudah diikuti oleh masyarakat,” jelasnya.

Hasan mengingatkan kepada para mahasiswa bahwa sholat itu adalah bekal setelah meninggal dunia. Sehingga pembelajaran tentang tata cara sholat dan wudhu kepada masyarakat harus dilakukan oleh para mahasiswa.” Ini penting dilakukan. Setelah itu ajari melafadzkan Surat Al Fatihah,” tegasnya.

Menurut Hasan, mahasiswa penerima biaya pendidikan ini adalah calon pemimpin setelah dewasa untuk menggantikan peran dari orang tua. Sehingga sangat penting untuk mempelajari bagaimana karakter masyarakat.

“Itulah bagian upaya kalian yang akan menyempurnakan keilmuan yang dimiliki. Inilah sedikit bekal bahwa buta aksara itu tidak hanya bisa membaca, menulis dan berhitung saja, tetapi bagaimana masyarakat memiliki akhlak yang baik. Dengan demikian menjadi manusia yang tawadhu kepada orang tuanya,” terangnya.

Hasan menambahkan bahwa saat ini sudah banyak anak yang durhaka kepada orang tuanya. Sehingga sudah menjadi tugas mahasiswa sebagai calon pemimpin yang akan menggantikan orang tuanya untuk menghormati dan memulyakan orang tua di rumahnya masing-masing. “Semoga ilmunya manfaat dan diberikan jodoh yang soleh dan solehah,” pungkasnya.

Penyerahan bantuan biaya pendidikan ini dihadiri oleh Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina, Ketua PCNU Kota Kraksaan H Nasrullah A Sujai, Ketua PC ISNU Kota Kraksaan H Fathur Rozi dan sejumlah ketua lembaga dan badan otonom (banom) PCNU Kota Kraksaan. (wan)