Rabu, Januari 17, 2018
Beranda > Pendidikan > SMPN 2 Kraksaan Pengelola UKS Terbaik

SMPN 2 Kraksaan Pengelola UKS Terbaik

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Turut mensukseskan program Kabupaten Probolinggo Layak Anak, salah satu SMP negeri di Kota Kraksaan ini melakukan langkah nyata dalam mengelola Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) nya.

“Adanya UKS yang memadai juga turut membantu terciptanya lingkungan sekolah yang sehat, nyaman dan indah. Kondisi semacam ini boleh disebut sekolah ramah anak, jika semua sekolah bisa ramah anak maka otomatis akan tercipta Kabupaten/Kota layak anak,” kata Miswagiyanto, Kepala SMPN 2 Kraksaan.

Atas keseriusannya dalam mengelola UKS nya itu mereka berhasil meraih nilai terbaik dalam lomba UKS tingkat SMP/SMA se-Kabupaten Probolinggo beberapa waktu yang lalu. Dan berkat prestasi gemilang ini akhirnya turut membuka kesempatan untuk lomba UKS di tingkat yang lebih tinggi.

“Seminggu yang lalu sudah kami kirimkan profil UKS untuk verifikasi pada lomba UKS tingkat Provinsi Jawa Timur. Dan kami harap UKS kami bisa lolos proses verifikasi dan lanjut kepada visitasi penilaian,” ungkap Pak Mis, sapaan akrab pria kelahiran Kraksaan ini.

Pak Mis mengutarakan tidak ada persiapan yang spesial dalam hal ini, karena memang UKS di SMPN 2 Kraksaan ini sudah mengacu pada standar yang berlaku dan mengacu pada Trias UKS. Yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat.

“UKS kami sudah memiliki ruang yang terpisah untuk laki-laki dan perempuan dengan fasilitas kamar kecil didalamnya. Hal ini merupakan standar baku untuk UKS,” jelasnya.

Lebih lanjut Pak Mis menjelaskan terkait untuk pembinaan lingkungan sekolah sehat, pihaknya telah menyediakan fasilitas wastafel di depan kelas untuk cuci tangan. Hal ini juga untuk mendukung kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Adanya kader UKS kami yang juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di sekitar sekolah diharapkan juga bisa menambah point penilaian nantinya. Kami yakin akan masuk 5 besar dalam kompetisi kali ini,” pungkas Miswagiyanto. (dra)