Rabu, Januari 17, 2018
Beranda > Pendidikan > Sinergi Gebyar Sholawat TK PAUD dan PNF Kecamatan Besuk

Sinergi Gebyar Sholawat TK PAUD dan PNF Kecamatan Besuk

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) dan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Besuk bersinergi dengan Pendidikan Non Formal (PNF) Kecamatan Besuk bersama-sama menggelar Gebyar Sholawat Nabi Muhammad SAW, Selasa (5/12/2017) di gedung KPRI Sejahtera Kecamatan Besuk.

Kegiatan ini diikuti oleh 200 orang terdiri dari semua unsur satuan Pendidikan Non Formal mulai TK, KB, TPA, SPS dan PKBM. Sekaligus kepala sekolah dan guru TK serta PAUD PNF se-Kecamatan Besuk. Gebyar Sholawat ini diiringi jamiyah hadrah “Cahaya Rasul” binaan Massajo Kecamatan Besuk.

Gebyar Sholawat Nabi Muhammad SAW ini dihadiri oleh Camat Besuk Teguh Prihantoro, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Solikin dan Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo serta Penilik PAUD, Pengawas TK, Himpaudi dan IGTKI Kecamatan Besuk.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini terasa agak berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya saat panitia terbentuk, kegiatan ini awalnya hanya digagas oleh para Kepala Sekolah dan guru-guru TK dan PAUD melalui Himpaudi dan IGTKI.

Namun berkat sumbang saran dan masukan dari Penilik Diktara, sebagai referensi saat ini TK, PAUD dan PNF sudah satu tupoksi di Bidang Pembinaan PAUD & PNF, maka Gebyar Sholawat dapat bersinergi dari unsur TK, PAUD & Pendidikan Non Formal (satuan PKBM). Sehingga dikemas menjadi 1 paket kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama.

“Alhamdulillah, melalui rembuk bersama kegiatan ini dapat dilakukan secara sinergi antara Himpaudi, IGTKI dan PNF. Mungkin saja hal ini baru ada dan dimulai dari Kecamatan Besuk,” kata Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo.

Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini Massajo berharap dapat meningkatkan dan mempererat silaturrahim, kompak dan kerja sama dalam kegiatan-kegiatan pendidikan.

“Sehingga satuan-satuan TK, PAUD & PKBM di Kecamatan Besuk semakin maju dan meningkat kompetensinya dalam penyelenggaraan dan pelayanannya, ” pungkasnya

Sementara Camat Besuk Teguh Prihantoro berpesan agar para guru dan kepala sekolah aktif dalam kegiatan rapat-rapat di desa dan memberi usul masukan agar kegiatan-kegiatan PAUD dapat diperhatikan melalui anggaran Dana Desa (DD).

Sedangkan Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Solikin mengungkapkan kegiatan ini disamping sebagai kegiatan PHBI tahun 2017 juga menjadi momentun saling memperkuat kerja sama kelembagaan dan saling belajar meningkatkan kompetensi antar Bunda PAUD. “Terlebih tanggung jawab secara kelembagaan TK PAUD terletak pada desa masing-masing,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga diisi oleh ceramah agama tentang hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Hj. Dauhatul Iman, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hayat Desa Sentong Kecamatan Krejengan. (wan)