Minggu, Februari 18, 2018
Beranda > Kesehatan > Puskesmas Pajarakan Sosialisasikan Germas

Puskesmas Pajarakan Sosialisasikan Germas

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Puskesmas Pajarakan memberikan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Selasa (13/2/2018). Germas merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Sosialisasi ini diikuti oleh 62 orang peserta terdiri dari petugas puskesmas, Forkopimka, Dinas Kesehatan (Dinkes), Kepala Desa, TP PKK Kecamatan Pajarakan, MSF, FKKS, Ketua PPAI, Kader, TP PKK Desa, pengasuh pondok pesantren serta organisasi kemasyarakatan.

Kepala Puskesmas Pajarakan dr. Syaiful Bahri mengatakan Germas ini bertujuan menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit.

“Selain itu, menghindarkan terjadinya penurunan produktifitas penduduk serta menghindarkan peningkatan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan,”  katanya.

Menurut Syaiful Bahri, Germas merupakan salah satu upaya untuk menurunkan faktor resiko utama penyakit menular dan tidak menular baik faktor biologis, perilaku dan lingkungan melalui peningkatan aktifitas fisik dan perilaku hidup sehat.

“Upaya ini juga dapat dilakukan melalui penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat,” jelasnya.

Lebih lanjut Syaiful Bahri menerangkan Germas dilaksanakan dengan pendekatan multisektor. Setiap pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, sesuai tugas pokok dan fungsinya, berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung (mendukung) upaya peningkatan kesadaran masyarakat.

“Banyak hal yang dapat dilakukan, diantaranya melalui kampanye dan edukasi hidup sehat dan perubahan perilaku hidup sehat seperti beraktivitas fisik, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, tidak merokok, memeriksakan kesehatannya secara rutin, menjaga higienitas pribadi dan keluarga serta lingkungan,” tegasnya.

Dengan adanya sosialisasi Germas ini Syaiful Bahri mengharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh pemangku kepentingan akan peran dan tanggung jawab dalam Germas.

“Diharapkan dapat mendorong komitmen setiap pemangku kepentingan untuk berkontribusi dalam pelaksanaan Germas. Disamping adanya koordinasi multisektor demi suksesnya pelaksanaan Germas,”  pungkasnya. (wan)