Rabu, Januari 17, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Puluhan Siswa SMA Ramaikan Lomba Pidato dan Kaligrafi

Puluhan Siswa SMA Ramaikan Lomba Pidato dan Kaligrafi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Puluhan pelajar dari tingkat SMA/SMK/MA negeri/swasta di Kabupaten Probolinggo, Selasa (9/1/2018) mengikuti lomba pidato dan kaligrafi Islami di Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan.

Kegiatan yang bertemakan Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW ini digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriyah, Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo dan haul KH Abdul Wahab atau Kiai Ronggo yang merupakan seorang ulama pembabat alas Kota Kraksaan.

Lomba ini diikuti oleh 55 orang peserta yang merupakan pelajar tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Probolinggo. Rinciannya, 25 orang untuk lomba pidato dan 30 orang untuk lomba kaligrafi.

Ketua panitia lomba Sahudi mengatakan untuk lomba ini ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan oleh dewan juri. Seperti lomba pidato, kriteria penilaian difokuskan pada isi, ekspresi wajah, penguasaan materi dan bahasa. Sementara untuk lomba kaligrafi, penilaian dititik beratkan pada keindahan dan ketepatan huruf yang ditulis.

“Ada beberapa tema yang kami angkat dan bisa dipilih oleh para peserta. Misalnya berkaitan dengan narkoba, free seks dan seputar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Khusus untuk lomba kaligrafi, tema difokuskan pada ayat-ayat dalam Al Quran maupun Al Hadits yang berkaitan dengan Baginda Rasulullah SAW,” katanya.

Menurut Sahudi, lomba ini bertujuan untuk mengajak para pelajar siswa tingkat SMA di Kabupaten Probolinggo agar cinta kepada Rasulullah SAW dan cinta kepada masjid sehingga dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan di masyarakat. “Harapannya, para pelajar bisa menjadi panutan dan memberikan contoh yang baik di tengah-tengah masyarakat,” harapnya. (wan)