Rabu, Januari 17, 2018
Beranda > Pendidikan > Puluhan Siswa SD/MI/TPQ Ramaikan Lomba Tahfidz Al Qur’an Juz 30

Puluhan Siswa SD/MI/TPQ Ramaikan Lomba Tahfidz Al Qur’an Juz 30

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Puluhan siswa tingkat SD/MI/TPQ se-Kabupaten Probolinggo mengikuti Lomba Tahfidz Al Qur’an Juz 30, Kamis (11/1/2018). Kegiatan ini digelar Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, HUT ke-8 Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo serta haul KH Abdul Wahab atau Kiai Ronggo.

Sejak pukul 07.00 WIB, para peserta lomba yang berasal dari beberapa lembaga pendidikan di Kabupaten Probolinggo ini sudah berada di lokasi dan menunggu di serambi depan Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan.

Sekitar pukul 09.00 WIB lomba pun dimulai. Satu persatu peserta dipanggil dan menunjukkan kemampuannya dalam menghafal Al Qur’an. Ada beberapa paket soal yang disiapkan oleh panitia. Selanjutnya mereka dinilai oleh 3 (tiga) orang dewan juri. Usai tampil, para peserta langsung mendapatkan piagam penghargaan.

“Ada beberapa kriteria penilaian yang kami lakukan agar nantinya benar-benar mendapatkan seorang tahfidz yang berkualitas. Meliputi hafalan tahfidz (lancar), tajwid (benar bacaan) dan fashoha (kefashihan dalam melantunkan ayat suci Al Qur’an),” kata Koordinator Lomba Tahfidz Al Qur’an Juz 30 Moh. Syafi’i Zain.

Menurut Syafi’i Zain, lomba ini bertujuan untuk mencari bibit muda yang mampu menghafal Al Qur’an dengan sesuai dengan tajwid dan fashoha supaya ke depan tidak kesulitan dalam mencari potensi tahfidz, utamaya dari lingkungan sekolah formal SD/MI di Kabupaten Probolinggo.

“Melalui lomba ini diharapkan muncul generasi yang dapat dibanggakan oleh agama. Sebab di era seperti ini, anak-anak sudah banyak terkontaminasi oleh budaya yang membahayakan. Oleh karena itu, maka sejak dini harus dibekali dengan Al Qur’an sehingga ke depan sulit untuk terpengaruh oleh hal-hal yang negatif,” harapnya. (wan)