Jumat, November 24, 2017
Beranda > Kesehatan > Ponkesdes Sumberejo Juara III Ponkesdes Berprestasi Jatim

Ponkesdes Sumberejo Juara III Ponkesdes Berprestasi Jatim

Reporter : Syamsul Akbar
SURABAYA – Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) Sumberejo Kecamatan Paiton akhirnya terpilih sebagai juara III pada Lomba Ponkesdes Berprestasi Provinsi Jawa Timur tahun 2017. Piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo atas prestasi tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur dr. Kohar Hari Santoso bertepatan dengan upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017, Senin (13/11/2017).

Piagam penghargaan ini diterima oleh Perawat Ponkesdes Sumberejo Nindri Indrayati didampingi Bidan Ponkesdes Sumberejo Novie Sulistyani dan Kepala Puskesmas Paiton dr. Nina Kartika.

Atas prestasi tersebut, baik Bidan Novie Sulistyani maupun Perawat Nindri Indrayati mengaku sangat bersyukur sekaligus senang. Sebab dengan pengakuan ini membuktikan bahwa Ponkesdes Sumberejo sudah memberikan manfaat bagi masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan.

“Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat selama ini, mudah-mudahan keberadaan Ponkesdes Sumberejo ini bisa menjadi solusi untuk menangani permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr. Sri Wahjuni Dyahmartiningsih menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih oleh Ponkesdes Sumberejo Kecamatan Paiton dalam Lomba Ponkesdes Berprestasi Tingkat Jawa Timur Tahun 2017.

“Mudah-mudahan prestasi yang diraih oleh Ponkesdes Sumberejo Kecamatan Paiton ini bisa menjadi motivasi bagi ponkesdes yang lain di Kabupaten Probolinggo agar segera berbenah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Dyah, ponkesdes adalah sarana kesehatan yang berada di desa/kelurahan yang merupakan pengembangan dari Pondok Bersalin Desa (Polindes) sebagai jaringan pelayanan kesehatan. Visi ponkesdes adalah terwujudnya desa/kelurahan sehat menuju kecamatan sehat.

“Lomba Ponkesdes Berprestasi ini adalah lomba yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dalam rangka memperingati HKN tahun 2017. Dimana tujuannya untuk mengetahui kinerja ponkesdes dengan melihat hasil kegiatan UKP, UKM serta dilihat dari sisi administrasi, ” jelasnya.

Dyah menerangkan bahwa indikator penilaian dari Lomba Ponkesdes Berprestasi tingkat Jawa Timur tahun 2017 ini meliputi administrasi dan manajemen, sumber daya di ponkesdes, proses pelayanan kesehatan di ponkesdes serta output pelayanan kesehatan di ponkesdes. “Dari sini nanti diketahui jumlah nilai yang diraih oleh ponkesdes,” terangnya.

Lebih lanjut Dyah menambahkan dari hasil penilaian lapangan diketahui jika Ponkesdes Sumberejo memperoleh nilai yang sangat bagus. Bahkan nilai yang didapat bisa bersaing dengan Kabupaten Bojonegoro (juara 1) dan Kabupaten Trenggalek (juara 2).

“Kita hanya kalah nilai dari faktor ODF. Sebab masih banyak masyarakat yang BAB di sembarang tempat. Mudah-mudahan dengan prestasi ini masyarakat bisa termotivasi agar tidak BAB di sembarang tempat,” harapnya. (wan)