Jumat, November 24, 2017
Beranda > Kemasyarakatan > Peringati HKN dan Hari Pahlawan dengan Touring Wisata

Peringati HKN dan Hari Pahlawan dengan Touring Wisata

Reporter : Mujiono
GENDING – Sebagai upaya menyemarakkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 dan Hari Pahlawan tahun 2017, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud), Polres Probolinggo, Dekopinda dan FKPS melaksanakan jambore touring sepeda motor wisata sehat tahun 2017.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah ini dilepas secara resmi oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Probolinggo M. Happy didampingi Kepala Dinkes di Shodiq Tjahjono, Kepala Disporaparbud M. Sidik Widjanarko, Ketua Dekopinda Joko Rohani Sanjaya dan sejumlah pejabat lain melepas peserta touring wisata di obyek wisata Pantai Bentar di Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Minggu (12/11/2017) pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Touring wisata ini bertujuan untuk mewadahi komunitas otomotif yang telah mendapat apresiasi positif dari pemerintah daerah dan bisa menjadi program menarik untuk wisatawan dan mempromosikan objek wisata di Kabupaten Probolinggo.

Usai dilepas secara resmi, para peserta touring wisata akan menempuh rute sejauh 50 kilometer dan finish di obyek wisata Ranu Segaran di Kecamatan Tiris. Dari Pantai Bentar peserta ke arah barat melewati Jalan Pantura Surabaya-Bali. Kemudian belok ke selatan melewati wilayah Gunung Pandek dan tembus di Desa Mranggon Lawan. Selanjutnya peserta lurus mengikuti jalur hingga tembus di Kecamatan Tegalsiwalan. Dari sini peserta lurus hingga belok ke selatan di perempatan Klenang. Hingga melewati Desa Pesawahan, Ranugedang, Kantor Camat Tiris dan finish di obyek wisata Ranu Segaran.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan M. Happy menjelaskan bahwa kegiatan touring ini dilakukan sebagai wahana rekreasi dan olahraga serta sebagai salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan potensi wisata daerah Kabupaten Probolinggo kepada masyarakat luas, baik dalam daerah maupun luar daerah.

“Saya berpesan agar selama dalam perjalanan peserta hendaknya selalu berhati-hati dan menjaga keselamatan dalam berkendara mulai dari start hingga finish. Pakai kelengkapan keselamatan berkendara agar supaya selamat sampai di tujuan,” katanya. (yon)