Saturday, June 24, 2017
Beranda > Kesehatan > Pemkab Gelar Lomba Inovasi Menu Masakan Berbahan Baku Ikan

Pemkab Gelar Lomba Inovasi Menu Masakan Berbahan Baku Ikan

Reporter : Syamsul Akbar
Rabu 17 Mei 2017

GENDING – Dalam rangka mendorong masyarakat untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan menu masakan berbahan baku ikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perikanan (Diskan) bekerja sama dengan Forikan Kabupaten Probolinggo menggelar lomba inovasi menu masakan berbahan baku ikan di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Rabu (17/5/2017).

Lomba inovasi menu masakan berbahan baku ikan ini diikuti oleh 48 peserta yang merupakan orang tua/wali murid SD/MI dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Mereka akan dinilai dari aspek cita rasa 40%, kreatifitas 30% dan inovasi 30%.

Kepala Bidang Bina Usaha Perikanan Diskan Kabupaten Probolinggo Diah Sri Wahyu Puji Astuti mengungkapkan kegiatan ini bertujuan menghasilkan inovasi menu masakan berbahan baku ikan dan mempromosikan masakan ikan kepada masyarakat luas.

“Selain itu mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan serta mendukung tumbuh dan berkembangnya ekonomi kreatif berbasis masakan hasil perikanan,” katanya.

Sementara Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengungkapkan ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat bagus bagi tubuh, terutama pada masa pertumbuhan anak-anak untuk perkembangan sel otak.

“Daging ikan kaya akan protein mengandung asam lemak tak jenuh, mengandung Omega-3 dan Omega-6 (untuk pertumbuhan otak) serta serat daging ikan lebih halus dibanding serat daging hewani yang lain sehingga lebih mudah dicerna. Disamping itu harga ikan umumnya relatif lebih murah,” katanya.

Melalui kegiatan ini Dedy mengharapkan akan tercipta berbagai macam kreasi, cita rasa baru masakan berbasis ikan yang akan menggugah selera makan, terutama bagi anak diusia dini. “Dengan banyaknya masyarakat mengkonsumsi ikan secara otomatis akan terjadi peningkatan konsumsi ikan sehingga akan meningkatkan derajat kesehatan dan kecerdasan manusia,” pungkasnya.

Setelah melalui tahap penilaian dari dewan juri Ketua Pokja III TP PKK Kabupaten Probolinggo, Dinas Kesehatan dan Chef Hotel Java Banana, juara 1 diraih Rini Kristianingsih dari Kecamatan Tongas, juara 2 diraih Farida A Dewi dari Kecamatan Leces, juara 3 diraih Lilik Fauziati dari Kecamatan Kraksaan, juara harapan 1 diraih Anggie Salisfianty dari Kecamatan Sukapura dan juara harapan 2 diraih Mutimatus Sholeha dari Kecamatan Kuripan. (wan/why)