Jumat, November 24, 2017
Beranda > Kesehatan > Pemkab Bina 165 Orang Perawat Ponkesdes

Pemkab Bina 165 Orang Perawat Ponkesdes

Reporter : Syamsul Akbar

KRAKSAAN – Dalam rangka meningkatkan pelayanan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan pembinaan terhadap perawat ponkesdes (pondok kesehatan desa) di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Jumat (10/11/2017) pagi.

Kegiatan ini diikuti oleh 165 orang perawat ponkesdes se-Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Provinsi Jawa Timur.

Kasi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Kabupaten Probolinggo Mursid mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui program dan yang telah dilakukan perawat ponkesdes dan permasalahannya.

“Selain itu mengetahui pentingnya keberlanjutan perawat ponkesdes serta meningkatkan tertib administrasi dan pelaporan ponkesdes,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Sri Wahjuni Dyahmartiningsih mengungkapkan sejak tahun 2010, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur telah memberikan dukungan anggaran terhadap pembiayaan program perluasan fungsi polindes menjadi ponkesdes di Kabupaten Probolinggo melalui mekanisme bantuan keuangan (BK) yang digunakan untuk membiayai honor perawat ponkesdes.

“Pada tahun 2010 telah diangkat 50 perawat ponkesdes dengan honor sharing kabupaten, tahun 2011 tidak ada pengangkatan baru. Tahun 2012 ada pengangkatan baru 25 orang perawat ponkesdes dan tahun 2014 pengangkatan baru 50 orang perawat ponkesdes. Pada tahun 2017, jumlah ponkesdes yang ada dan dibiayai dari dana BK sebanyak 125 dan 44 APBD. Total hingga saat ini ada 165 orang perawat ponkesdes,” katanya.

Sebagai sarana pelayanan kesehatan di desa jelas Dyah, ponkesdes merupakan ujung tombak semua upaya kesehatan, khususnya capaian program dan upaya kesehatan wajib dan pengembangan seperti yang dilakukan di puskesmas.

“Dalam kegiatan-kegiatan dan upaya-upaya yang telah dilakukan ponkesdes selama ini, perlu dan tidaknya keberlanjutan program ponkesdes maka diadakan pertemuan pembinaan perawat ponkesdes dengan harapan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Probolinggo, ” pungkasnya. (wan)